Agama

MIN 1 AGAM GELAR PERINGATAN ISRAK MIKRAJ

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Agam di Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang, Sabtu 6-4-2019 menggelar peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW berlangusng sukses.

Israk Mi’raj itu diawali dengan menunaikan shalat Duha berjamaah, diikuti ratusan murid MIN 1 Agam. Usai sholat para siswa dan guru melapaskan zikir dan doa bersama.

Kepala MIN 1 Agam, Harnizur,S.PdI dihadapan ratusan murid MIN 1 Agam itu menjelaskan, memperingatan Israk Mikraj 1440 Hijriah adalah ajang memperbaiki shalat dan sejarah penting bagi siswa, karena mempunyai makna penting dalam perujudan rasa syukur kepada Allah SWT.

“Melalui peringatan Israk Mikraj ini, diharapkan kepada siswa umumnya keluarga besar MIN 1 Agam, supaya mentauladani sikap dan prilaku Nabi Mhammad SAW dijadikan suri tauladan, untuk tetap istiqomah sebagaimana ajaran Islam, tentunya siswa lebih rajin belajar serta patuh kepada kedua orang tua dan guru,” harap Harnizur,S.PdI.

Ceramah yang disampaikan Ustaz Ronald Andani dari MTI Canduang anatara lain menjelaskan, salah satu yang diperingtahkan Allah melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SWT adalah Shalat. Israk Mikraj merupakan peristiwa lebih dari 14 abad yang lalu, ketika Allah SWT memperjalankan Rasulullah Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidl Aqsa dan dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha.

“Pada masa itulah Nabi Muhammad SAW mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan shalat lima waktu. Tentuna semua kita berharap, agar siswa MTI Agam yang terletak di Nagari Canduang Koto Laweh ini supaya dapat mencontoh sikap dan suri tauladan dari Nabi Muhammad SAW,” kata Ustaz Ronald Andani.

Panitia pelaksana peringatan Israk Mikraj Wetri Warni,S.PdI yang juga guru MIN 1 Agam mengatakan, prosesi kegiatan memperingati Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW diikuti 190 siswa, berlangsung tertib dan lancar yang dihadiri seluruh guru dan pengurus Komite MIN 1 Agam, dengan tema, “Israk Mikraj adalah ajang memperbaiki shalat dan sejarah penting bagi siswa,”, kata Wetri. (k@$)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *