Pessel

Pancung Soal Akan Punya Kantor Camat Yang Representatif

Painan, Pilarbangsanews.com,– Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, bakal punya gedung kantor yang representatif. Selasa siang tadi (30/7) Bupati Hendrajoni, melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan gedung kantor Camat Pancung Soal itu

Hadir dalam acara peletakan baru pertama kantor camat Pancung Soal itu, kepala perangkat daerah, camat, walinagari, niniak mamak, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Bupati Hendrajoni menegaskan, pembangunan kantor camat merupakan komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan harapan masyarakat Kecamatan Pancung Soal memiliki kantor camat yang representatif, sekaligus dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat.

Diungkapkan, Kantor Camat Pancung Soal dibangun tahun 1976 pada masa kepemimpinan Bupati Abrar. Sehingga kantor tersebut dinilai tidak layak sebagai kantor camat yang merupakan pusat pelayanan masyarakat di kecamatan.

“Saya berharap dengan adanya kantor camat yang baru nanti pelayanan publik meningkatkan dan kinerja aparatur pemerintah kecamatan hendaknya jauh lebih baik,” pintanya.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, memiliki perhatian yang cukup besar terhadap Kecamatan Pancung Soal, hal ini dapat dilihat banyaknya biaya pembangunan dikucurkan kepada kecamatan ini.

Disebutkan, bulan lalu dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Inderapura, kemudian hari telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Camat, serta peningkatan ruas jalan, jembatan dan lainnya.

Tokoh masyarakat yang juga mantan Camat Pancung Soal, Sutan Heriyadi menyampaikan terima kasih kepada pemkab yang telah menunjukkan kepedulian untuk membangun kantor camat.

Disebutkan, rencana pembangunan kantor camat melalui proses yang cukup alot, namun akhirnya bisa direalisasikan berkat kerjasama semua pihak.

“Kami melakukan musyawarah secara intensif dengan pihak terkait untuk mewujudkan pembangunan kantor camat. Kemudian kami menyampaikan apresiasi kepada Bupati Hendrajoni atas perhatian terhadap pembangunan di Kecamatan Pancung Soal,” katanya.

Menurutnya, konstruksi bagunan Kantor Camat Pancung Soal memang tidak bagonjong, tapi merupakan perpaduan rumah adat Pesisir dengan Renah Indojati.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pessel, Era Sukma Munaf mengatakan, pembangunan Kantor Camat Pancung Soal merupakan wujud RPJMD tahun 2018. Bangunan kantor tersebut terdiri dari sepuluh ruangan dengan alokasi anggaran Rp 1,6 miliar bersumber dari APBD Pessel 2019.

“Konstruksi Kantor Camat Pancung Soal merupakan bangunan pertama pemerintah dengan mengadopsi antara adat Pesisir dengan bagunan kesultanan Inderapura. Kami mengajak semua pihak mendukung pembangunan kantor camat ini,” pintanya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *