Sumatera Barat

UNP Bina Guru Kimia untuk Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0

Padang, Pilarbangsanews.com, — Tim dosen Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Padang mengadakan pelatihan pembuatan Lembaran Kerja Peserta Didik Digital (e-LKPD) untuk guru-guru Kimia SMA di Kabupaten Padang Pariaman. E-LKPD ini disusun berdasarkan tiga level representasi untuk guru-guru Kimia di Padang Pariaman tersebut.

Demikian disampaikan oleh Ketua Tim Pengabdian Prof. Dr. Minda Azhar hari ini (25/8) di Padang Pariaman. Menurut Minda Azhar, kegiatan pengabdian ini diikuti oleh sebanyak 21 orang guru kimia dari MGMP Kimia Padang Pariaman yang dilaksanakan selama dua hari, 24–25 Agustus 2019 di Labor IT SMA 1 Batang Anai. Kegiatan pengabdian dosen UNO ini dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah SMA 1 Batang Anai. Tim pengabdian masyarakat dari UNP terdiri dari Prof. Dr. Minda Azhar, Zalhendra, MT, Dr. Alizar, Dr. Miftahul Khair, dibantu oleh tiga orang mahasiswa pascasarjana jurusan kimia.

“Topik kegiatan pengabdian ini adalah Terminologi ICT, Internet dan Revolusi Industri 4.0 dan tiga level representasi kimia (makroskopis, submikroskopis dan simbol) dalam pembelajaran. Tim UNP memberikan pendampingan mengenai teknik pemanfaatan sumber mengajar berupa media gambar, video, dan buku dari sumber virtual yang memenuhi standar kimia, dan cara membuat e-LKPD berdasar tiga level representasi dalam bentuk flip-book,” jelas Prof. Minda Azhar.

Lebih lanjut, Prof. Minda menjelaskan bahwa di akhir acara guru-guru mempresentasikan hasil pembuatan e-LKPD untuk menerima masukan dari tim. Menurut Minda, hal ini perlu untuk memastikan telah tercapainya tujuan kegiatan. Selain itu, guru-guru diberi penugasan untuk membuat e-LKPD dan disepakati bersama untuk melanjutkan diskusi dan bimbingan secara daring (whatsapp group) selama satu semester ke depan sehingga diharapkan guru-guru sudah terampil sesuai tujuan topik kegiatan pengabdian. (ET)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *