Pessel

Menang di Final, Tim Nagari IV Koto Hilie Batang Kapeh Cemas

Batang Kapeh, Pilarbangsanews.com, – “Onde untuang bana ado bantuan pak Bupati. Kalau indak tak dapat kadisabuik ciek alah he lei, ” kata Cipta Rola Ketua Tim Official Kesebelasan Nagari IV Koto Hilie yang adik adik asuhannya nanti sore akan bertanding melawan Talang Solok.

Cipta Rola dari Payakumbuh melapor ke Utiah Kapeh, lewat telp seluler langsung pada saat Utiah Kapeh dan Tak Arang sedang minum kopi lamak di Lepau Mak Gambuang. Rola melaporkan kesebelasannya menang 5:2 atas Tuan Rumah Nagari Kubang, Payakumbuh. Pertandingan berlangsung kemaren sore di Lapangan Bola kaki Kubang, Kamis (12/9)

“Alhamdulilah
.., yo Rola.., awak lai manang. Tapi kok bulieh tahu deyen, bara pak Bupati membantu. Lai cukuik bantuan pak Bupati Hendrajoni itu untuak biaya salamo disitu? ” tanya Utiah Kapeh.

“Cukuik mungkin lai. Kok ka tekor, tekor sangenek nyo, pak Utiah, ” jawab Cepta Rola dari balik HPnya di Payakumbuh sana.

“Tu bara nominalnya bantuan pak Bupati tu?” Tam Arang bertanya. Di Lepau Mak Gambuang pagi tadi seperti biasa ramai yang ngopi pagi disana.

Hari ini dalam ota lamak mereka tak membahas masalah, mereka hanya mendengarkan percakapan pertelphon (HP) antara Utiah Kapeh dan Cipta Rola sang Ketua Official tim.

Anak anak Nagari IV Koto Hilie kamis sore kemaren menang 5:2 atas kesebelasan anak anak Nagari Kubang. Sore ini Jum’at (13/9) mereka akan berhadapan dengan kesebelasan Nagari Talang Solok dalam pertandingan memperebutkan trophy Presiden Jokowi untuk wilayah Provinsi Sumbar.

Sepekan sebelumnya anak anak IV Koto Hilie berhasil menang di babak penyisihan yang diadakan di Padang. Kini mereka kembali bertanding untuk mendapatkan tiket ke Jakarta. Jika nanti sore mereka menang atau imbang melawan Talang Solok, sudah dapat dipastikan bakal melaju ke final yang rencananya akan dilaksanakan pada. Minggu.

Dalam final nanti mereka kalau lolos menghadapi Nagari Talang, yang akan menjadi lawan tanding mereka adalah Nagari Ketaping Pariaman atau Nagari Padang Ganting Batu Sangkar.

“Bantuan pak Bupati Rp7,5juta merupakan bonus saat kami final di Pesisir Selatan dulu, ”

“Itu berarti bonus yo yang kalian gunakan untuk biaya salamo ikuik batandiang, ”

“Iyo pak Tiah. ” Jawab Cepta Rola, seraya menjelaskan bahwa Bupati Hendrajoni, selain memberi bonus juga telah membelikan baju bola selengkapnya bagi tim dan membelikan sepatu untuk 3 pemain.

Jadi kalau diminta tarui ka pak Bupati, ibo lo awak ka liau, karano bantuan beliau itu lah banyak. Tim dari daerah lai manyabuikkan, mereka tak banyak dapek bantuan dari Pemda. Untuk Pessel kalian banyak dapek bantuan namonyo tu mah.! ”

Saat tampil di Padang mereka telah punya kostum baru yang bahan dasar cukup bagus untuk inventaris pemain dan official sunbangan dari Bupati Pesisir Selatan.

“Urang kampuang Rola di payakumbuh tu kan ado, apo mereka lai datang mambari semangat? Tanya Utiah Kapeh.

Alun banyak yang datang. Mungkin karano tak dapek kaba, ” Rola menjawab.

“Agiah lah kaba urang kampuang kalian yang tingga disitu, buliah ado pulo bantuan dana seikhlasnya, ”

“Kami ndak tahu dimano sajo urang kampuang kami tingga di Payakumbuh ko, ”

“Kok kalian pulo nan ka mancari tantu tak mungkin, tapi disitu kan ado beberpa urang yang datang, suruh nan datang itu maagiah tahu. Selasai tu mah, ” Utiah Kapeh menyarankan.

“Iyo beko di kecek kan urang kampuang nan tibo itu, ya pak, ”

“Mantap” Telp Rola putiah, signal hilang tibo tibo. Listrik padam. Beberpa saat kemudian baru listrik hidup kembali.

Dan yang menjadi buah pikiran bagi Utiah Kapeh, jika menang nanti dalam final dari mana mereka dapat biaya ke Jakarta?

“Bisuak ado lo tu mah, nan pentiang kini manang dulu. Soal biaya anak anak kok dapek tak bapikie pulo mereka, ” Saran Tam Arang.

Dan cerita pun untuk kali ini di Lepau Mak Gambuang sampai disini saja dulu. (****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *