.Tam Arang dan Utiah Kapeh

Pilkada Gubernur Sumbar, Fauzi Bahar ; Iyo Ambo Akan Maju (Bag; 25)

Batang Kapeh, Pilarbangsanews.com, —
Nampaknya untuk pagi ini topik ota lamak (cerita yang disenangi) di Lapau Mak Gambuang masih seputar Pilkada Sumbar. Warga kampung Tam Arang dan Utiah Kapeh, kurang tertarik dengan cerita penusukan terhadap Menko Polhukam Jendral (purn) Wiranto yang kini menjadi tranding topok dimedia mainstream maupun medsos.

Entah apa sebabnya warga pelapau (pelapau adalah yang suka minum kopi di warung) di Lapau Mak Gambuang ini kurang tertarik membahasnya. Belum diketahui secara pasti. Bisa jadi karena warga disini takut kalau kalau dalam diskusi mereka akan ada narasi narasi yang nadanya kurang sreg didengar oleh berbagai pihak. Sebab tragedi yang dialami oleh Menko Polhukam itu, masih belum sesadis penganiayaan yang dialami perantau Minang di Wamena, Tanah Papua.

“Kito ndak akan mendiskusikan penusukan terhadap pak Wiranto doh, Tam. Biarlah dunsanak dunsanak awak di Facebook sajo yang sibuk berkomentar tentang nasib yang dialami mantan Pangab TNI itu. Sebagai warga tetangga yang baik, kito cukup berharap semoga pak Wiranto cepat sembuh dan kembali melaksanakan tugas sebelum pak jokowi mengumumkan kabinet barunya. Dan dalam susunan kabinet baru itu hendaknyo pak Wiranto masih dipakai oleh Presiden Jokowi,” kata Utiah Kapeh mencoba membatasi tema diskusi mereka agar tidak mengungkit peristiwa yang terjadi Kamis siang kemaren.

“Setuju bana den dengan pandapek ang tu Tiah. Walaupun sebetulnya topik itu rancak dijadikan topik bahasan kito pagi ini,” kata Tam Arang mengikuti pendapat Utiah Kapeh.

Lain halnya dengan Ujang Saga. Sebenarnya dia ingin sekali mendapat informasi terkait tragedi yang dialami oleh Menko Polhukam RI itu. Ujang Saga belum mengetahui apa motif yang membuat tersangka nekat melakukan upaya penusukan terhadap Menko Polhukam tersebut.

“Sabananyo den ingin info sajo, sabab den tak ado HP untuk mancaliak berita terkait penusukan pak Wiranto itu,” kata Ujang Saga menyampaikan keinginan.

“Kamano android nan acok ang kundang-kundang itu, Jang? ” tanya Pakie Teliang.

“Nyo salangpakai pulo dianak gadih den untuak babarapo hari iko. Kecek inyo, gurunyo manyaruah mambaok HP ka sakolah sabab ado bahan pelajaran nan dipelajari diambiak dari internet, ” jawab Ujang Saga.

“Bukan den cekeh dan tak amuah mambalikan anak. Tapi den memang sangajo tak mambalikan anak anak den HP maupun android itu. Anak anak den tak buliah sorang pun pakai HP. Sabab tabaco di den anak anak kalau di agiah nyo ba HP pintar, nyo lah asyik sajo jo HP tu lupo di nyo baraja,” kata Ujang Saga.

“Den samo juo jo waang Jang. Anak anak den tak den balikan HP kalau nyo masih SMA kebawah. Anak den nan lah sarjana nan baru di wisuda bulan lalu, mengko den balikan HP lah hampie ka tamat baru den balikan,” kata Tam Arang.

“Aa…. jadilah…, tolong agiah den info saketek sabalun kito membahas Pilkada Gubenur Sumbar. Info tantang pelaku penusukan Pak Wiranto itu, a,” pinta Udin Saga.

Untuk menginformasikan siapa tersangka pelaku penusukan Wiranto, Utiah Kapeh minta Mas Tartok menjelaskan. “Tolong mas penjelasannya.”

“Inisial namo pelaku SA, anak ko dulu kuliah disalah satu Perguruan Tinggi di Kota Medan, inyo santiang komputer (IT=Informasi Tehnologi). Dulu nyo tingga di Jalan Alfakah VI, Desa Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Medan. Tapi sejak rumahnya digusur karano pembuatan jalan tol, nyo tak tampak lagi ado di desa Tanjung Mulia, ” Mas Tartok menjelaskan dan berhenti sejenak sambil membaca berita di HP.

Tak lama kemudian Mas Tartok melanjutkan lagi informasinya; “Tersangka dulu dikenal rajin ibadah. Orangnya pendiam tapi suka menceramahi tetangga dalam soal agama. Karena itu dia dikenal baik oleh tetangganya, ” kata Mas Tartok mengakhiri.

‘Lah jaleh Ujang? ” tanya Utiah Kapeh.

“Alah..,Tiah. Lanjut kito ka carito soal Pilkada Gubernur Sumbar lai,” kata Labai Litak yang nampak tertarik dengan cerita pikada. Mungkin karena balon yang menjadi favorit Labai Litak termasuk balon yang paling tinggi pollingnya.

“Kini nan kito sigi namo Fauzi Bahar mantan walikota Padang 2 priode, ” kato Utiah Kapeh.

“Ka maju apak tu baliak, Tiah?” tanya Pakie Teliang.

“Katiko balau tu di we-a dek pak YY malam tadi. “Iyo ambo akan maju”, jawab pak Fauzi Bahar,” kata Utiah Kapeh.

Tapi, kata Utiah Kapeh lebih lanjut, Fauzi Bahar belum menjawab dia maju sebagai gubernur atau wakil. “Kini pak YY masih menunggu jawaban dari Fauzi Bahar. Mungkin kalau lah tayang ota kito ko dimedia pilarbangsanews.com, kemudian dibaca dek pak Fauzi, baru disitu pak Fauzi tagageh mambalehnyo. Biasanyo begitu pengalaman pak YY bilo ma SMS para balon gubernur Sumbar nan ka ikuik dalam alek gadang Pilkada 2020 nantun.”

“Fauzi Bahar itu siapa Tiah,” tanya Mas Tartok.

“O ya ya… Mas gak tahu dengan Fauzi Bahar. Maklum mas baru disini. Beliau itu dua kali sebagai walikota Kota Padang. Bergelar doktor yang ia dapat dari Universitas Negeri Padang tahun 2010.

Pada pileg yang baru lalu beliau ini gagal ke Senayan. Perolehan suara Lisda Hendrajoni lebih banyak dari beliau. Walaupun begitu jika nanti dia ikut dalam kontestasi pemilukada Gubernur Sumbar peluang keterpilihannya masih terbuka lebar.

Di Sumbar ini beliau sudah sangat dikenal. dia ini boleh dibilang sesepuh di Sumatera Barat. Kini menjabat sebagai Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumatera Barat dan pelatih Ikatan Jet Sport Indonesia (IJSI).

Ketika pilpres yang lalu, beliau ini, kata Utiah Kapeh lebih lanjut Fauzi
jadi Ketua Relawan Jokowi (ReJo) untuk wilayah Sumatera Barat.

“Fauzi sangat cinta dengan Sumatera Barat karena di Negri Ranah Bundo Kanduang ini dia dilahirkan tahun 1962 yang lalu,” demikian lah sekilas info tentang Fauzi Bahar yang diketahui Utiah. Dan ota lamak pagi ini di Lapau Mak Gambuang berakhir pula sampai disitu.(****)

Baca juga;

Tak Mencalon di Sumbar, Tapi Balon Wagub Kepri, Fauzi Bahar; Tolong Ambo Jo Do’a (Bag; 25 Plus)

Nasrul Abit Mungkin Akan Jadi Gubernur Gantikan Irwan Prayitno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *