Politik

Edriana “Bundo Kanduang” Pertama Yang Akan Jadi Balon Gubernur Sumbar

JAKARTA, forumsumbar —Banyaknya pertanyaan di tengah-tengah masyarakat sehubungan dengan keikutsertaan kaum “bundo kanduang” atau kaum perempuan Minang di Pilkada Serentak 2020 yang akan datang di Sumbar, akan terjawab dalam beberapa hari ke depan. Wartawan forumsumbar.com menerima informasi bahwa mantan Caleg DPR RI Edriana akan mendaftar sebagai calon gubernur ke Partai Gerindra Sumbar.

Sebelumnya sudah santer beredar kabar bahwa mantan Caleg DPR RI Partai Gerindra dapil Sumbar 1, Edriana bakal maju di pilkada, tapi apakah jadi calon bupati di Pilkada Tanah, atau calon gubernur di Pilkada Sumbar. Sepertinya Edriana memilih maju di Pilkada Sumbar.

Tokoh perempuan Minang pengawal hak politik dan sosial wanita Indonesia bakal mendaftar pada minggu ini ke Partai Gerindra Sumbar, dimana Edriana bernaung.

Edriana maju untuk calon Gubernur Sumbar tidak latah, tapi lebih keterpanggilan karena didesak para pemilih Edriana pada Pileg 2019 lalu. “Uni maju sebagai calon Gubernur Sumbar didorong oleh masyarakat dan pemilih yang memberikan suara mereka kepada Uni pada pemilu 2019,” ujar Edriana kepada media melalui WhatsApp, Rabu (13/11).

Menurut Edriana, dia sudah berkeliling Sumbar, khususnya di kabupaten / kota dapil Sumbar 1 DPR RI, dan berhubungan langsung dari dekat dengan masyarakat. “Insyaallah Uni memahami apa yang menjadi masalah keseharian mereka. Dari hasil interaksi tersebut mereka berharap Uni terlibat aktif dan berkontribusi langsung untuk masyarakat Sumbar,” ujarnya.

‌Alasan tersebut kata Edriana yang jebolan SMP 8 dan SMA Negeri 2 Padang itu, juga diperkuat, dan terinspirasi dari pergerakan dan keteladanan Rohana Kudus yang baru saja dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional yang diakui kepemimpinannya oleh negara, terutama jasanya untuk memperkuat pendidikan bagi perempuan dan UMKM.

‌“Rohana Kudus kepahlawanannya tahun ini diakui negara. Terus terang Pahlawan Nasional Rohana Kudus menjadi spirit bagi saya untuk maju dan bangun serta jaga marwah Sumbar. Tentunya spirit Rohana Kudus untuk ikut serta mewujudkan partisipasi politik perempuan, khususnya dalam kontestasi Pilkada Sumbar 2020 ke depan akan coba saya kongkretkan,” ujar Edriana. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *