.

Posko Covid 19 di Batas Sumbar-Riau Temukan Pendatang Suhu Tubuh Tinggi

Limapuluh Kota, Pilarbangsanews

Petugas pemantau penanganan Covid-19 yang siaga di perbatasan Sumbar-Riau, Rabu (25/3) menemukan adanya pendatang dari Provinsi Riau dengan suhu tubuh yang tinggi.

Pendatang tersebut ada yang menggunakan mobil dan sepeda motor, langsung dibawa ke tenda posko penanganan Covid-19 yang telah didirikan sejak Jum’at pekan lalu.

Di posko penanganan Covid-19, petugas kesehatan memeriksa suhu tubuh penumpang atau pengemudi yang mengalami suhu tubuh tinggi. Kemudian, dilakukan pendataan termasuk memberi masker dan penyemprotan disinfektan. “Mereka juga disarankan untuk beristirahat sejenak,” kata Wakil Bupati Ferizal Ridwan, yang memantau langsung kegiatan Posko Covid 19, Rabu (25/3).

Satu persatu pendatang, baik pengendara sepeda motor atau pengemudi serta penumpang kendaraan roda empat, tak luput dari pemeriksaan petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Satpol PP, Perhubungan, Basarnas serta TNI dan Polri, yang berjumlah 20 orang dengan menggunakan alat thermo gun.

Dalam pemantauan ini, tampak juga Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra yang sempat memeriksa langsung seorang pengemudi dengan suhu tubuh sekitar 39 derajat celcius.

Ketua DPRD langsung mengarahkan pengemudi tersebut untuk turun dari mobil dan memeriksakan kondisi kesehatan di Posko Penanganan Covid-19.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Posko Penanganan Covid-19 daerah perbatasan Sumbar-Riau, Desi Fitria mengatakan, sampai Rabu (25/3) telah ditemukan 29 orang dengan suhu tubuh melebihi suhu tubuh orang normal. Posko dibuka sejak Jumat lalu, mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Pemeriksaan di Posko Covid 19 ini sempat memacetkan arus lalu lintas dari Riau ke Sumbar. “Sudah kita periksa, didata dan diberikan perlindungan diri seperti masker termasuk disinfektan. Kemudian, kita edukasi untuk tidak berdekatan dengan orang lain,” jelas Desi Fitria, perawat dari Puskesmas Tanjuang Balik tersebut. (wba).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *