Solok Kota

Tunaikan Zakat Dimasa PSBB, Zul Elfian: Ingin Diikuti Yang Lain

Pilarbangsanews, Kota Solok, — Semua orang mungkin bisa menyuruh orang lain dengan kata katanya berbuat kebaikan. Tapi tak semua yang bisa mengajak orang berbuat dengan perbuatan atau contoh.

Wali Kota Solok Zul Elfian mencoba mengajak orang lain, terutama para ASN di jajaran Pemko Solok dan warga kota, untuk menunaikan zakatnya lebih awal.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat yang terdampak pada masa penanggulangan virus covid 19.

” Zakat yang kita salurkan kepada pihak Baznas ini nantinya akan dibagikan kepada setiap warga kurang mampu dan warga yang terdampak atas kebijakan pada masa pandemi corona ini, saya menghimbau langkah ini dapat diikuti oleh para aparatur dan masyarakat lainnya,” ucap Zul Elfian.

Hal ini menurutnya akan sangat bermanfaat untuk meringankan beban penderitaan ekonomi yang diderita oleh masyarakat kalangan ekonomi bawah.

” Sebagaimana yang telah dihimbau melalui surat edaran Wali Kota Solok No. 360/9/COVID-19-SLK/IV/2020 tentang Pelaksanaan Ibadah Puasa Ramadhan 1441H. Dalam Masa Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), salah satunya menghimbau pelaksanaan pembayaran zakat lebih cepat dari waktunya (ta’jil az-zakat),” jelasnya.

Sedangkan untuk zakat fitrah tambah Wako, dapat dibayarkan di awal Ramadhan tanpa menunggu malam Idul Fitri (lailatul’ied) dan untuk zakat mal dapat dibayarkan lebih cepat tanpa menunggu satu tahun (huluh haul).

“Kita sengaja himbau seluruh ASN dan masyarakat untuk dapat mempercepat menunaikan zakatnya, karena dimasa pandemi COVID-19 ini, keberadaan BAZ menjadi salah satu alternatif yang sangat berarti dalam ikut meringankan beban umat. Ditambah lagi saat ini bulan ramadhan, akan angat terasa manfaatnya,” tambahWako.

Turut didampingi Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan Jefrizal dan diterima lanhsung oleh ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Solok H. Zaini. (ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *