Solok Kota

Siapkan Roadmap Inovasi dan RIK Dan Peras Sakuku, Pemko Solok Gandeng LAN

Kota Solok, PilarbangsaNews
Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, kembali mengunjungi Lembaga Administrasi Negara di Kantor LAN RI Jalan Veteran Jakarta Pusat, untuk mendiskusikan Roadmap Inovasi dan Rencana Induk Kelitbangan (RIK) bagi Kota Solok. Selain itu kehadiran Wali Kota, juga untuk meminta berbagai masukan inovasi bagi kemajuan daerah dan masyarakat khususnya Kota Solok.

Turut mendampingi Wali Kota, Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan dan Pembangunan Jefrizal, Kepala Balitbang Marwis, Kasubbag Penghubung Yopi Permana, Kasubbid Inovasi dan Teknologi Balitbang Adami Fajri. Sementara rombongan Pemerintah Kota Solok disambut langsung oleh Kepala LAN RI , Adi Suryanto. (17/03)

Dalam diskusi Kepala LAN turut didampingi oleh Sestama LAN Reni Suzana. Deputi I Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Tri Widodo Wahyu Utomo. Deputi II Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN serta Deputi yang terkait lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota menyampaikan ucapan terima kasih kepada LAN, karena berkat bimbingan LAN Kota Solok dapat eksis di kancah nasional dalam hal inovasi.

Tambahnya, penerapan “Model Laboratorium Inovasi” telah menjadi acuan bagi Kota Solok dalam setiap pengembangan program kegiatan layanan publik. Selain itu, hal tersebut juga dijadikan sebagai motivasi seluruh instansi agar dalam penyusunan program kegiatan harus mengacu kepada kompetensi layanan kemajuan.

” Sebagai mitra kerja LAN, Kota Solok terus berbenah agar ekosistem inovasi tetap terjaga, dan inovasi yang telah dihasilkan mampu berjalan berkesinambungan. Untuk itu, saya sangat berterima kasih atas nama Pemerintah Kota Solok atas bimbingan LAN selama ini sehingga Kota Solok dapat ikut berkiprah di level nasional dalam hal inovasi” ungkap Zul Elfian.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa semenjak dimulainya kerjasama dengan LAN-RI pada tahun 2017 yang lalu melalui pengenalan dan penerapan model Laboratorium Inovasi di Kota Solok telah menghantar nama Kota Solok menerima berbagai penghargaan seperti INAGARA Awards dari LAN, Innovative Government Award dari Kemendagri pada tahun 2018 dan 2020.

Tidak hanya apresiasi dari Pemerintah, dari swasta pun ikut mengapresiasi apa yang telah dilakukan berawal dari inovasi. Diantaranya penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) tahun 2019 dan The Best Innovation in Local Wisdom pada ajang Indonesia Visionary Leader (IVL) di tahun 2020 dari MNC Grup.

Wali Kota menekan bahwasanya program-program inovasi di Kota Solok, secara tak langsung turut berkontribusi meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi tingkat kemiskinan di tengah masyarakat dengan konsep inovasi baru yakni Peras Sakuku (Peduli Beras bagi Saudaraku yang Kurang Mampu).

” Dimana konsep sederhananya adalah beras yang akan dimasak masyarakat akan disisihkan satu genggam, nantinya dikumpulkan, dan per bulannya didistribusikan kepada mereka yang tidak mampu. Kita telah sepakat dengan Wakil Wali Kota nantinya alokasi dana mobil jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dialihkan untuk penguatan permodalan BMT tersebut” terang Zul Elfian.

Sementara itu Kepala LAN, Adi Suryanto, mengapresiasi keseriusan Pemerintah Kota Solok untuk berinovasi dan itu dimulai dari komitmen Wali Kota sebagai Top Leadernya. Dia juga mencontohkan jika perlu untuk memotivasi aparatur hingga OPD berinovasi selayaknya disediakan reward. Kapan perlu jadikan inovasi sebagai basis untuk pertimbangan promosi jabatan.

“Seperti yang telah pak wali kota berikan reward kepada OPD yang berinovasi dengan memberikan kesempatan menambah wawasan ke negara lain yakni Singapura. Serta adanya inovasi-inovasi yang berbasis kearifan lokal, terutama terhadap inovasi-inovasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

” Inovasi seperti Gebuk Sakuku dan Peras Sakuku, bagi LAN sendiri ada pelajaran yang dapat dipetik. Hal ini karena berbeda dengan Pemerintah Daerah, LAN sendiri tidak langsung bersentuhan dengan masyarakat, terdapat aspek fisik dan non fisik yang diterapkan pada inovasi-inovasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat” ungkap Adi.

Dia mengharapkan nantinya hasil dari pertemuan dapat dilanjutkan dengan terus berkoordinasi dan menjalankan apa yang telah dikoordinasikan tersebut. (ad).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *