.

AHY: Selamat Hari Buruh untuk Buruh dan Pekerja Indonesia

Jakarta, PilarbangsaNews

Setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Sedunia. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Jumat (1/5) mengucapkan selamat Hari Buruh melalui akun twitter @agusyudhoyono.

“Selamat Hari Buruh untuk kawan-kawan buruh dan pekerja Indonesia. Saya memiliki concern terkait maraknya PHK di tengah wabah Covid-19 dan juga isu-isu ketenagakerjaan lainnya. Data Kemenakertrans (13/4) menunjukkan, hampir 2,8 juta pekerja formal dan informal yang dirumahkan dan di-PHK,” kata AHY.

Sebelum pandemi Covid-19, isu ketenagakerjaan juga masih menyisakan permasalahan terkait hak-hak buruh. “Kita perlu mencermati kembali relevansi Kartu Pra-Kerja sebesar Rp5,6 triliun. Kami mendorong dana tersebut dialokasikan untuk bantuan langsung pada para buruh dan pekerja yang terdampak‬,” kata AHY.

“Demikian pula RUU Cipta Kerja yang menimbulkan kontroversi. Sejak awal kami mendesak penundaan pembahasan RUU ini, agar konsentrasi pemerintah dalam penanganan pandemi tidak terpecah. Saat dibahas kembali nanti, kami mendorong pelibatan komunitas serikat pekerja; mereka adalah pihak yang terdampak langsung,” kata AHY.

“Kami juga konsisten memprioritaskan tenaga kerja nasional untuk mengisi lapangan kerja seluas-luasnya. Beri kesempatan bagi tenaga kerja kita menjadi tuan rumah di negerinya sendiri,” tulis AHY.

“Jalan perjuangan pemenuhan hak-hak buruh memang masih panjang. Kami akan terus hadir dan memperjuangkan hak-hak dasar para buruh dan pekerja sesuai dgn kewajiban dan tanggung jawabnya,” tandasnya. (rel/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *