Pessel

Menteri Desa PDT Halim Iskandar Resmikan Kampus Nagari

Painan, PilarbangsaNews, Kunjungan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dr. H. A Halim Iskandar, M.Pd. ke beberapa nagari (desa) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, pekan lalu tidak hanya membawa keberuntungan bagi warga Pesisir Selatan yang dikunjungi, tetapi ternyata Menteri Halim Iskandar terinspirasi dengan sebuah program dari Pessel yang akan diterapkan secara nasional.

Program apa itu?

Programnya adalah menyediakan fasilitas internet untuk belajar dengan menggunakan metode daring dan program ini berawal dari Kelompok Belajar Daring yang dikembangkan Nagari Sungai Pulai, Kecamatan Silaut.

Sementara daring itu maksudnya  adalah akronim dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet. Pelaksana Proses Belajar Mengajar saat ini lebih lebih pada masa pendemi covid-19 para guru, dosen, siswa, dan mahasiswa kini melakukan kegiatan belajar-mengajar secara daring

Program dari Lunang Silaut ini, oleh Mentri Desa PDT, Senin depan akan meresmikan langsung Kampus Nagari ini

Peresmian langsung secara daring dari Kemendes, PDTT yang diawali sambutan Ketua NDC Dr. Eri Gas Ekaputra dan Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H. serta Dirjen Dikti Kemendiknas.

Sesuai janji Gus Menteri sekembali kunjungan kerja ke Sumatera Barat, maka akan segera meresmikan Kampus Nagari/Desa yang berawal dari Kelompok Belajar Daring yang dikembangkan Nagari Sungai Pulai, Kecamatan Silaut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemgendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Wendi, menyebutkan bahwa Kobeda terobosan kreatif pemerintahan nagari.

“Kampus Nagari yang dibangun Nagari Sungai Pulai menjadi model nasional” sebutnya, Kamis, 30/7, di Painan.

Wendi menjelaskan bahwa Menteri Desa, PDTT bangga ada desa atau nagari yang punya ide sederhana tapi dampaknya besar bagi masyarakat.

“Ini tentu akan menjadi model bagi nagari lain untuk menfasilitasi masyarakat terutama mahasiswa atau pelajar yang butuh ruangan dan fasilitas daring” sebutnya.

Sementara itu, Camat Silaut, Syamwil menyebutkan program ini tak terlepas dari bimbingan Universitas Andalas, Padang.

“NDC dibawah bimbingan langsung Doktor Eri terus mendampingi kami dalam upaya pengembangan nagari, termasuk bidang pendidikan” ucapnya singkat.

Camat Silaut itu memgucapkan terimakasih tak terhingga kepada pihak Kemendes, PDTT yang merespon positif keberadaan kampus nagari yang digagas dari sebuah nagari di Silaut. (wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *