Pekanbaru

Camat Berharap Masyarakat Lebih Terampil Membangun Lingkungan

Pekanbaru – Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Payung Sekaki pada Kamis (06/08/20) kemarin melaksanakan pelatihan bordir tenun songket, dan Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam dan Kebakaran Lahan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari kedepan dibuka langsung oleh Camat Payung Sekaki Fauzan S.STP M.Si yang juga dihadiri oleh Lurah Sungai Sibam Sarnubi, Ketua RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan peserta pelatihan yang terdiri dari 25 orang warga setempat.

Selain itu, program kegiatan pembangunan sarana dan prasarana dan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Sungai Sibam yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan APBN tahun 2020 tersebut juga melakukan penyerahan barang hibah untuk Rukun Warga (RW) di Kelurahan Sungai Sibam berupa tenda, meja, dan filling kabinet yang diberikan secara simbolis.

Camat Payung Sekaki Fauzan S.STP M.Si ketika dijumpai di kantor pada Jum’at (7/08/20) mengatakan kegiatan-kegiatan pelatihan yang ditaja oleh setiap kelurahan sangat bermanfaat dalam mensejahterakan masyarakat.

“Kegiatan pelatihan ini sangat membantu masyarakat dalam menambah skill dan ilmu pengetahuan sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan serta dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar,” Harap Camat Fauzan.

Ia juga menyebutkan di 7 (tujuh) Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Payung Sekaki, berbagai pelatihan sudah berjalan serta dilaksanakan sesuai harapan melalui konsep program pemberdayaan masyarakat.

“Alhamdulillah penyelenggaraan pelatihan sudah hampir selesai dilakukan oleh semua Kelurahan yang ada di Kecamatan Payung Sekaki, tinggal kita menunggu batas waktu hingga pertengahan agustus ini,” Sebut Camat.

Menariknya terkait adanya pelaksanaan Pelatihan penanggulangan bencana alam dan kebakaran lahan, Camat Fauzan menghimbau kepada para peserta agar dapat lebih fokus mengikuti kegiatan tersebut.

“Antisipasi dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang selalu terjadi di provinsi Riau tetap menjadi perhatian bagi kita semua. Karena di Kecamatan Payung Sekaki terdapat dua wilayah Kelurahan yang rentan terjadinya bencana karhutla tersebut. Untuk itu melalui pemahaman-pemahaman yang diberikan oleh pemateri agar bisa diaplikasikan kembali oleh para peserta apabila dibutuhkan,” Ungkapnya sembari menjelaskan Instruktur pelatihan dari Balai Regional Wilayah Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup.

Selanjutnya, dengan adanya pemberian hibah beberapa barang untuk keperluan warga melalui Ketua-Ketua RW terkait, Camat menghimbau agar dapat menjaga dan merawatnya.

“Semoga barang hibah yang telah kita berikan tersebut, dapat bermanfaat dan dipergunakan dengan baik bagi semua lapisan masyarakat,” Tutup Camat Payung Sekaki. ***(Mirza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *