Dharmasraya

Adigunawan : Dharmasraya Mekar Karena Campur Tangan Dt Labuan

Dharmasraya, PilarbangsaNews – Sosok dari Dasril Panin Dt.Labuan yang saat ini turut serta memeriahkan dalam pertarungan Pilkada serempak 2020, sebagai calon wakil bupati dari pasangan Sutan Riska Tuanku Kerajaan tidak perlu lagi diragukan kepiawaiannya dalam membangun Kabupaten Dharmasraya.

Hal ini ditujukkan saat Kabupaten Dharmasraya masih bergabung dengan Kabupaten Sijunjung. Dt. Labuan beserta tokoh pemekaran lainnya turut serta berjuang untuk memekarkan Kabupaten Dharmasraya pada tahun 2002 lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pemekaran Dharmasraya yang juga menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar, Adi Gunawan yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Dharmasraya priode 2010-2015.

“Dt. Labuan tidak perlu diragukan lagi kemampuannya untuk kemajuan dan pembangunan Kabupaten Dharmasraya. Karena dulu Dt. Labuan merupakan salah satu tokoh yang berjuang untuk memisahkan Dharmasraya dari induknya. Berkat kepiawannya dan tangan dinginnya akhirnya Kabupaten Dharmasraya dapat pisah dari kabupaten induknya. Kenapa kita minta pisah dari Sijunjung ? Karena daerah kita saat itu adalah daerah yang tertinggal pembangunannya. Tapi saat ini lebih berkembang pesat Dharmasraya dibandingkan kabupaten induknya, yakni Kabupaten Sijunjung,” tegas AG saat menghadiri acara silaturahmi dan ramah tamah dengan masyarakat Nagari Muaro Sopan Kecamatan Padang Laweh.

Kata AG lagi, tanpa peran serta Dt. Labuan yang saat itu menjabat sebagai anggota DPR RI maka Kabupaten Dharmasraya tidak akan dimekarkan. Tapi berkat kepiawaiannya untuk meyakinkan anggota DPR RI lainnya, maka akhirnya Dharmasraya dapat dimekarkan.

“Ini merupakan campur tangan beliau di pusat. Tanpa bantuan beliau, maka Dharmasraya tidak akan bisa dimekarkan dan berkembang pesat seperti ini,” tegas Adi.

Akhirnya Dharmasraya dapat menjadi sebuah kabupaten yang diresmikan pada tanggal 7 Januari 2004 oleh Presiden RI secara simbolik di Istana Negara, Dibentuk berdasarkan Undang Undang Nomor 38 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pasaman Barat di Provinsi Sumatera Barat yang diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat atas nama Menteri Dalam Negeri pada tanggal 7 Januari 2004.

Aktifitas Pemerintahan telah dimulai sejak dilantiknya Penjabat Bupati Dharmasraya pada tanggal 10 Januari 2004, dan baru pada tanggal 12 Agustus 2005 Kabupaten Dharmasraya memiliki Bupati/Wakil Bupati Definitif hasil Pilkada Langsung Tahun 2005.(tmc/rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *