Pasaman Barat

Bupati Pasbar H.Yulianto Sambut Kedatangan Mbah Bejo Sang Penjelajah

Pasbar, pilarbangsanews.com— Bupati Pasaman Barat H. Yulianto menyambut kedatangan Mbah Bejo (54) asal Bulungan, Janjung Selor Kalimantan Utara, yang melakukan perjalanan selama satu tahun satu bulan dengan menggunakan sepeda onthel hingga sampai di Kabupaten Pasaman Barat. Selasa (09/02/2021).

Bupati Pasaman Barat H.Yulianto memberikan apresiasi dengan menyerahkan piagam penghargaan yang didampingi oleh Kasran, Ketua Komunitas Onthel Kuno (KOK) Pasaman Barat, dan Bahrul Ulum Ketua Kompax Pasaman Barat di Kantor Bupati

“Selamat datang di Bumi Tuah Basamo kepada Mbah Bejo. Terima kasih sudah memberdayakan bersepeda karena ini adalah warisan bangsa kita. Kepada Mbah Bejo semoga sukses,” kata Yulianto

“Jelajah Nusantara Paguyuban Onto Seno dengan mengendarai sepeda onthel tersebut mulai dilakukannya pada tanggal 10 Januari 2020.” Jelas Mbah Bejo

“Dari Kalimantan Utara saya berangkat bulan Januari tanggal 10 tahun lalu. Alhamdulillah berkat dukungan dari komuniti dan komunitas sepeda yang ada, saya bisa sampai di Pasaman Barat ini,” Terangnya.

Perjalanan tersebut dilakukan Mbah Bejo untuk menjalin silaturahmi dengan komunitas sepeda di seluruh Indonesia serta melestarikan budaya nenek moyang terdahulu yang melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda.

“Selain untuk menjalin silaturahmi misi saya ini juga untuk menyapa Komunitas Sepeda Onthel Nusantara yang ada di seluruh Indonesia. Saya berharap jangan sampai besi tua (sepeda) ini sampai punah. Semoga dengan adanya Jelajah Nusantara ini bisa mengingatkan kepada masyarakat untuk kembali mengandarai sepeda,”paparnya.

Mbah Bejo menambahkan Selama satu tahun satu bulan perjalanan yang dilakukan tersebut telah melalui Kota Makasar, Sulawesi, Halmahera, Sorong, Papua, Ambon, Surabaya dan kota lainnya hingga sampai di Kabupaten Pasaman Barat. Ia akan melanjutkan lagi perjalanan menuju Nias, Sumut dan terakhir menuju Titik 0 di Banda Aceh. ( Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *