.

Pinto Janir Cetuskan Komunitas Guru Inspiratif di Bukittinggi

Bukittinggi, PilarbangsaNews

Sastrawan Minangkabau, Pinto Janir, mengkoordinir pembentukan Komunitas Guru Inspiratif (KGI) Sumbar. Sebagai permulaan, Pinto mengumpulkan belasan tokoh guru dan tokoh pendidikan di Agam di Cafe Tongkrongan Kenyang di Belakang Balok Bukittinggi, Minggu (16/2).

“Kita mempertegas peran guru sebagai inspirasi anak bangsa di Minangkabau,” katanya. Pinto Janir mengaku tak mau peran guru Minangkabau hilang ditelan zaman yang serba digitalistik.

“Perkembangan zaman, terutama di era digital ini, guru seolah-olah akan ditenggelamkan. Kita tak mau itu terjadi,” kata Pinto.

Tentang Minangkabau, kata Pinto, dewasa ini sedang menghadapi suasana yang mengkhawatirkan. “Kita semua tahu keminangkabauan kita sedang diserang orang. Kita tak bisa.membiarkan begitu saja,” kata Pinto.

Selain itu, kata Pinto, kini eranya literasi dalam dunia pendidikan, harus disikapi dengan peningkatan karya. “Kita mengajak kawan kawan guru untuk berkarya dan berbuat untuk membumikan pendidikan yang bernuansa keminangkabauan itu,” kata Pinto.

Gagasan KGI ini terinspirasi dengan terpilihnya Andriwarman atau AWR menjadi Bupati Agam. “Kami terinspirasi dari satu ungkapan, AWR Sang Guru, sebagai salah satu pendorong KGI ini,” tandas Pinto.

AWR itu adalah seorang guru. “Dia sebelum menjadi dosen juga seorang guru kini menjadi bupati. Ini adalah inspirasi bagi guru guru,” kata penulis puisi produktif itu.

Penyair berambut lujur panjang itu mengkoordinir guru guru untuk menulis sesuai dengan misi inspiratif. “Setelah kita mengadakan diskusi dengan guru guru SD dan SMP ternyata mereka antusias sekali. Kita tinggal mengakomodir saja,” katanya.

Pinto menyebut bahwa KGI telah sepakat menerbitkan sebuah tabloid yang sementara namanya Koran Guru “Kita ingin menginspirasi guru guru dengan menyalurkan tulisan tulisan dengan substansi pendidikan, seni, budaya, sosial dan kreasi,” ujarnya.

Selain menerbitkan media cetak, KGI uga akan menerbitkan buku. “Sekarang sudah terkumpul tulisan guru guru yang siap diterbitkan. Insya Allah segera diterbitkan,” tambahnya.

Namun karena ini baru awal, anggota KGI akan diberikan pelatihan penulisan untuk penerbitan. “Kita sedang mempersiapkan pelatihannya, mudah mudahan dalam waktu dekat,” ujar Pinto Janir. (Rel/Khudri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *