Agama

MTQ Tingkat Kecamatan Rumbai Dibuka, Peserta Meningkat Dari Tahun Lalu

Pekanbaru – Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Dra. Hj. Masriya secara resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Rumbai kota Pekanbaru di Masjid Paripurna Istiqomah Jalan Sembilang Kelurahan Meranti Pandak.

Dalam sambutannya, mewakili Walikota Pekanbaru staf ahli menyambut baik kegiatan MTQ tingkat kecamatan Rumbai yang untuk pertama kalinya dilaksanakan setelah adanya pemekaran kecamatan antara rumbai dengan rumbai timur.

“Atas nama Walikota Pekanbaru meminta ma’af sebelumnya karena tidak bisa hadir, dan saya sangat mengapresiasikan semangat dari kehadiran antusias masyarakat di Kecamatan Rumbai,” ujar staf ahli.

Ia pun mengharapkan, kegiatan MTQ tingkat Kecamatan Rumbai ini dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga menciptakan bibit dan bobot qori dan qoriah menuju masyarakat yang islami.

“Semoga para peserta di Kecamatan Rumbai dapat membawa keberhasilan dan kemenangan ditingkat kota, provinsi, bahkan sampai ke tingkat nasional,” urainya.

Bahkan menurut Masriyah, pelaksanaan MTQ di seluruh tingkat kelurahan dan kecamatan yang rutin digelar setiap tahunnya agar dapat dimaknai dengan baik dan benar.

“Untuk pemahaman seni budaya membaca Al-Qur’an janganlah dilakukan pada saat seremonial MTQ saja, namun kelebihan dalam makna Al-Qur’an tersebut memberikan kebaikan moral dan fisik bagi orang yang membacanya. Misalnya apabila kita sering membaca dan mendengarkan Al-Qur’an maka tubuh kita ini merasa segar dan semangat lagi,” ujar Masriyah.

“Pesan kita kepada para peserta, apabila menang jangan berbangga hati dan apabila mengalami kalah jangan berkecil hati,” tutupnya.

Selama pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan rumbai tersebut penerapan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah tetap dilakukan, hal ini diutarakan oleh Camat Rumbai Syamsudin S.Sos kepada awak media setelah rangkaian pembukaan.

“Pada kegiatan ini kita tetap menjalankan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19. Di pintu masuk sudah kita siapkan wastapel pencuci tangan, dan para peserta serta tamu undangan diwajibkan memakai masker,” urai Camat Rumbai.

Terkait jumlah peserta menurut Camat, untuk kegiatan MTQ tahun 2021 saat ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, karena terdapat minat baca Al-Qur’an dilingkungan masyarakat.

“Untuk peserta terdapat 42 orang, lebih banyak dari tahun lalu. Hal ini menandakan anak-anak generasi muda kita saat ini sudah banyak memiliki kemampuan dalam membaca Al-Qur’an dan tajwid-tajwidnya,” ungkap Camat.

“Pada hakikatnya, pemerintah kecamatan Rumbai berupaya mewujudkan visi misi Walikota Pekanbaru menjadikan kota Smart City Madani, melalui program Maghrib mengaji dan pelaksanaan MTQ ini,” tutup Camat.

Kegiatan dibuka dengan pemukulan kompang dan berfoto bersama serta mendengarkan ketentuan-ketentuan bagi para peserta dari dewan hakim. *(Mirza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *