.

Latihan Profisiensi, F-16 “Rydder” Pantau Karhutla Di Riau

Info – Harpy Flight dari “Rydder” Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin lakukan patroli udara dilokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah Dasan perbatasan Kabupaten Siak dan Bengkalis Provinsi Riau, Selasa (9/3/21).

Harpy Flight terdiri dari dua pesawat, TS-1608 yang diawaki oleh Danskadud 16 Mayor Pnb Andri Setyawan, S.T., MMOAS. serta TS-1623 oleh Lettu Pnb Galih Rakasiwi dan Kapten Pnb Yusuf Atmanegara, melaksanakan latihan Basic Fighter Maneuver atau BFM di Military Training Area (MTA) Lanud Roesmin Nurjadin.

Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan, upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan akan terus dilakukan, ini adalah komitmen bersama seluruh elemen yang tergabung di dalam Satgas siaga penanggulangan bencana asap akibat Karhutla di Riau.

“Pesawat tempur yang ada di Lanud Rsn akan terus melakukan patroli udara bersamaan dengan melaksanakan latihan, hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla di Riau dan juga membantu pemerintahan daerah dalam upaya bersama-sama untuk mewujudkan Riau tanpa asap dan diharapkan semua elemen dapat mendukungnya,” ujar Andi Kustoro.

Lebih lanjut Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan, diharapkan patroli udara lewat pesawat tempur dapat mendeteksi dini pencegahan penyebaran kebakaran hutan dan lahan di Sumatera khususnya wilayah Bumi Lancang Kuning-Riau.

Selanjutnya Danskadud 16 Mayor Pnb Andri Setyawan menjelaskan, bahwa dari pantauan kami selama patroli telah menemukan lokasi Karhutla yaitu di daerah Dasan Kabupaten Siak dan Bengkalis.

“Patroli Karhutla di latihan profisiensi ini adalah salah satu fungsi dari Dinas Operasi Lanud Rsn sebagai Posko Udara Satgas Karhutla 2021, hasilnya nanti akan langsung disampaikan oleh crew kepada posko Karhutla untuk tindakan pemadaman lebih lanjut. *(mirza/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *