.

Tanjung Paku, Semangat Solidaritas Kelurahan di Kota Solok

Solok, PilarbangsaNews

Kelurahan Tanjung Paku, Kota Solok, ditinjau langsung dan dinilai oleh Tim Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi 2021 Tingkat Sumbar. Kelurahan yang terletak di Kecamatan Tanjung Harapan ini dikenal dengan inovasinya berupa gerakan berbagi keluarga kaya kepada keluarga kurang mampu yang dikenal dengan Sumakin (Sumbangan untuk Masyarakat Miskin).

Menurut Lurah Tanjung Paku Yenna Muriaty, S.IP.MM gagasan aksi berbagi, solidaritas dan kebersamaan ini merupakan gagasan yang muncul murni dari masyarakat, yang kemudian difasilitasi oleh Pemerintahan Kelurahan. Sehingga semangat tolong menolong, saling membantu menjadi hidup di kelurahan yang berpenduduk 6.179 jiwa ini.

Salah satu inovasi itu adalah Sumakin (Sumbangan untuk Masyarakat Miskin) yang efektif dalam upaya pengentasan kemiskinan. Program yang dilaksanakan oleh KP3K (Komite Pelaksanaan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) ini dilakukan dengan tiga metode, yaitu Ukuah, Gebug Sakuku dan metode Perbankan.

Dengan Ukwah yaitu mempertemukan keluarga kaya dengan keluarga kurang mampu. Penyaluran bantuan dilakukan langsung oleh keluarga kaya sesuai kemampuan. Metode Gebug Sakuku yaitu membagikan celengan kepada keluarga yang mampu dan institusi. “Secara periodik celengan itu dibuka dan hasilnya dimasukkan ke rekening KP3K untuk program membantu keluarga yang tidak mampu. Sedangkan metode Perbankan adalah menghimpun bantuan dari sumbangan melalui rekening KP3K,” kata Lurah Tanjung Paku Yenna Muriaty menjelaskan kepada Tim Penilai Lomba Nagari/Desa dan Kelurahan Berprestasi 2021 hari Kamis (17/6) lalu.

Selain itu, ada lagi gerakan kebersamaan di Kelurahan Tanjung Paku yaitu Semajuber (Sedekah Makanan Jum’at Berkah), dimana siapa saja masyarakat bersedekah makanan di mesjid yang ada di Tanjung Paku. Ini dilakukan setiap hari Jum’at. Kemudian makanan itu boleh diambil oleh siapa saja masyarakat yang membutuhkan.

Dengan berbagai inovasi solidaritas ini, tidak salah Pemko Solok mengajukan Kelurahan Tanjung Paku sebagai peserta Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan 2021. “Kelurahan Tanjung Paku ini sarat dengan prestasi, misalnya juara 1 Dasa Wisma Kota Solok, juara 1 Lomba Toga Kota Solok dan juara 1 PAAR Cinta Kasih tingkat Sumbar. Insya Allah dapat pula juara Lomba Kelurahan Berprestasi 2021 tingkat Sumbar, itu harapan kami,” kata Wakil Walikota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, SE.MM ketika menerima Tim Penilai Lomba Nagari/Desa dan Kelurahan di kantornya.

Ketua Tim Penilai Azwar, SE.M.Si mengaku senang melihat kemajuan Kelurahan Tanjung Paku, baik dari sisi pemerintahan, kewilayahan, aktifitas PKK, penanganan Covid-19 dan ketertiban. “Kita akan berlaku fair dalam penilaian ini, sehingga terpilih Nagari/Desa dan Kelurahan Berprestasi yang akan mewakili Sumbar ke tingkat nasional,” ujar Azwar, yang sehari-hari adalah Kabid Pemerintahan Nagari Dinas PMD Sumbar.

Tim Penilai Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Sumbar 2021 ini Penanggung jawabnya adalah Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM., Ketua Azwar, SE.M.Si., Sekretaris Retma Nency, S.STP dengan Anggota Tim Drs. Yulrizal Baharin, M.Si (pakar pemerintahan), Nani Darlis (PKK), Irwandi Walis, S.Sos (LPM Sumbar), Gusfen Khairul (Pers), Effi Zulfia Naros (Dinas PMD), Firdaus, SH (Sekretaris Badan Kesbangpol Sumbar), Ali Akbar, SH (Dinas Pendidikan Sumbar), Syamsu Afrizal (Dinas Kesehatan), Faridz, ST.TP (Dinas PMD) dan Eko Herlambang, ST.MT dari Dinas PMD Sumbar. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *