Pessel

Pemkab Pessel Tambah Ruang Pasien Covid -19 di RS dan Rusunawa Painan

Pesisir Selatan, PilarbangsaNews

Pemerintah Daerah Pesisir Selatan saat ini terus melakukan langkah antisipasi jika penyebaran Covid-19 di Pesisir Selatan terus menaik. Salah satunya dengan menyiapkan Rusunawa sebagai lokasi alternatif tempat perawatan pasien Covid-19 dengan penambahan 25 tempat tidur.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pesisir Selatan Apt. Rudi Hariyansyah usai melakukan sidak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Muhammad Zein Painan, Jumat (16/7) yang didampingi Direktur RSUD Dr. M. Zein Painan dr. Sutarman. 

Wabup mengatakan, sejauh ini Pemkab Pessel melalui Satgas Covid-19, Dinas Kesehatan dan RS Dr. M. Zein Painan telah melakukan langkah antisipasi jika beberapa minggu kedepan angka pasien positif Covid-19 masih tinggi. Salah satunya yaitu menyiapkan ruangan sebagai lokasi perawatan pasien positif Covid-19 yang berkapasitas 14 orang pasien.

“Untuk Rusunawa Painan dipakai secara bertahap mulai dari lantai 1, 2 dan 3 sesuai dengan kondisi di lapangan,” tegas Rudi. 

Karena menyangkut anggaran, Rusunawa Painan akan dipakai secara bertahap jika memang terjadi penyebaran varian baru Covid-19 di Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan.

Lebih jauh pihak rumah sakit juga akan menambah lagi tempat tidur dari hingga 25 tempat tidur lagi, sedangkan untuk rusunawa setiap lantainya akan bisa menampung perawatan 30 pasien positif Covid-19. Untuk stok tabung gas dan gas tersedia di RS Dr. M. Zein Painan. 

Sedangkan jika stok vaksin jenis Sinovac di RS Dr. M. Zein Painan memang telah habis, termasuk di Dinas Kesehatan juga telah menipis. Namun begitu Pemkab Pessel telah mengusulkan penambahan vaksin sebanyak 500 lagi sebagai cadangan.

“Kita tetap menghimbau, dan tidak henti-hentinya mengajak agar kita semua mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan vaksin,” tutur Wabup Pessel Rudi Haryansyah.

Pada kesempatan itu, Wabub meninjau lokasi produksi gas medis (oksigen) dan ruang isolasi tempat perawatan pasien Covid-19. (Gian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *