Pessel

Longsor di Bukit Penasahan RCTI Painan, Lalin Buka Tutup

Pesisir Selatan, PilarbangsaNews

Akibat hujan turun hingga Rabu (29/9) malam ini, tanah yang berada di Bukit Penasahn RCTI Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan longsor. Kejadian ini pada Rabu (29/9) sekitar pukul 18.00 WIB.

Longsor mengakibatkan setengah badan jalan tertutup tanah dan bebatuan di yaitu jalan lintas yang menghubungkan Kecamatan Batang Kapas – Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. 

Berdasarkan pantuan dilapangan, ada dua titik longsor, yaitu di depan Mako Pol Airud dan Bukit RCTI. Terparah longsor berada di depan Mako Sat Pol Airud Polres Pessel, membuat antrian kendaraan dari dua arah hampir satu kilometer lebih.

Satu unit eskavator mini milik Dinas Pekerjaan Umum Pessel diterjunkan untuk membersihkan material tanah bercampur batu. 

Antrian kendaraan akibat longsor di Bukit Penasahan RCTI Painan

Sejak hujan turun mengguyur, kawasan perbukitan sangat rawan. Apalagi di daerah Bukit Penasahan RCTI dan Bukit Batu Tembak. Itu kondisi tanah bukitnya sangat labil dan bisa saja sewaktu-waktu terjadi longsor.

Agar arus lalu lintas berjalan lancar, Anggota Satlantas Polres Pessel, dibantu Polsek IV Jurai, Polres Pessel diturunkan ke lokasi. 

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo, S.IK, MH melalui Kasat Lantas Polres Pessel Iptu Riwal Maulidinata, STK.SIK membenarkan terjadi longsor di wilayah hukum Polres Pessel, tepatnya di kawasan Bukit Panasahan RCTI.

Riwal mengatakan, setelah hampir dua jam lebih pukul 20.00 WIB, longsoran tanah bercampur batu berhasil dibersihkan dengan menggunakan satu unit alat berat eskavator mini. 

“Kita menghimbau pada pengendara agar selalu berhati-hati. Karena potensi hujan selain membuat jalan menjadi lincin. Tanah bukit yang biasa dilintasi pengendara juga rawan terhadap longsor,” kata Kasat Lantas.

Sementara itu kendaraan datang dari dua arah diberlakukan buka tutup, alias satu arah. Turun juga di lokasi Kapolsek IV Jurai AKP Zulhermansyah. SH dan anggotanya. (ori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *