.

Bupati Pessel dan Forkompimda Berjibaku Vaksin Dua Ribu Perhari

Pesisir Selatan, PilarbangsaNews

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar bertekad untuk mencapai target vaksinasi Covid-19 sebanyak 2.000 orang perhari. Sehingga dalam waktu tidak begitu lama sebagian besar masyarakat Pesisir Selatan telah divaksin.

Tekad Bupati ini tidak sekedar himbauan di mulut saja. Langkah itu ditunjukkan Rusma Yul Anwar dengan mengeluarkan Surat Edaran kepada seluruh sekolah, penerima PKH, pegawai honor di Pemda dan perangkat nagari, wajib mengikuti vaksinasi. 

“Kita sudah keluarkan edaran dan instruksikan seluruh OPD, Camat dan Walinagari agar terus bergerak ke bawah mensosialisasikan vaksinasi pada jajaran dan masyarakatnya,” kata Bupati. 

Upaya percepatan vaksinasi di Pesisir Selatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Forkopimda. Dandim 0311 Pessel Letkol Inf Gamma Arthadila Sakti menegaskan, jika Kodim 0311 Pessel bersama Koramil serta Babinsa siap bahu membahu melakukan sosialisasi percepatan vaksinasi di seluruh Pesisir Selatan.

Gamma Arthadila Sakti juga mengapresiasi langkah cepat Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar dengan mengeluarkan Surat Edaran pada OPD, Camat dan Walinagari untuk melaksanakan vaksinasi. 

“Jangan takut untuk divaksin, jangan percaya isu hoax kalau vaksinasi itu berbahaya. Edukasi ini terus kita lakukan bersama Forkopimda untuk mengajak masyarakat dan pelajar untuk vaksinasi,” ungkap Dandim 0311 Pessel. 

Menurut Gamma, sejak TNI khususnya Kodim 0311 Pessel dilibatkan dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi telah menginstruksikan pada jajaran Koramil dan Babinsa turun ke nagari melaksanakan kegiatan membantu jajaran pemerintah daerah.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo, S.IK, MH menuturkan, akan melaksanakan kegiatan gebyar vaksinasi massal di masing-masing satuan dan Polsek. Dan, ditargetkan di wilayah hukum Polres Pessel 2.000 ribu pelaksanaan vaksin.

Wakil Ketua DPRD Pessel Hakimin, SH yang juga Sekretaris DPC Partai Gerindra Pessel menegaskan jika DPC. Partai Gerindra Pessel mendukung penuh pelaksanaan percepatan penanganan pendemi Covid-19 di Pessel, dan pelaksanaan vaksinasi.

Sedangkan Ketua DPD Partai NasDem Pesisir Selatan H. Aprial Abas yang juga Wakil Ketua DPRD Pessel mengungkapkan, jika DPD Partai NasDem, Pesisir Selatan dalam setiap reses bersama Fraksi NasDem dan kader partai agar tidak henti memberikan edukasi pada masyarakat agar tidak takut untuk divaksin.

Aprial Abas mengingatkan agar anggaran untuk penanganan Covid-19 benar-benar dioptimalkan penanganan Covid -19. Langkah DPD Partai NasDem Pessel yaitu melakukan himbauan dan sosialisasi, seperti pembagian masker dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel Suhendri mengatakan, telah mengeluarkan surat edaran ke sekolah (SMP) agar melakukan koordinasi dengan Puskesmas untuk melaksanakan vaksinasi.

Edukasi juga dilaksanakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan, dan kepala sekolah  pada orang tua murid dan murid untuk bersama-sama betapa pentingnya vaksinasi. Dan dalam setiap kali kegiatan Bupati Pessel turun ke sekolah – sekolah bisa menjadi semangat peserta didik untuk melaksanakan vaksinasi. 

“Bupati Pessel ingin tatap muka penuh, tapi harus pencapaian vaksinasi diatas 80 %. Maka seluruh pihak sekolah, orang tua murid dan murid harus ikut mendukung,” ajak Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pessel. Hingga sampai saat ini pencapaian vaksinasi di tingkat pelajar (SMP) di Pessel baru mencapai 20 %. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pessel Wendi, SH menuturkan, jika Wali Nagari wajib menganggarkan 8 % dari Dana Desa (DD) untuk penanganan Covid-19. Untuk tahun 2021 Dana Desa digelontorkan ke nagari-nagari sebesar Rp167 miliar. 

Dari 8 persen itu diluar anggaran untuk BLT sebanyak 4.500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp300.000/bulan. Dan, anggaran 8 persen itu digunakan untuk penyediaan rumah isolasi mandiri, pengadaan alkes, honor/transportasi Satgas.

Wali Nagari Simpang Lamo, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pessel Harkis akan melaksanakan instruksi pemerintah daerah terkait dalam percepatan penanganan Covid-19 dan percepatan vaksinasi di Pessel, khususnya di nagarinya. (Gian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *