Perguruan Tinggi

Dies ke-58, Gubernur Harapkan Kontribusi Faterna dalam Pembangunan Sumbar

Padang, PilarbangsaNews

Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah mengharapkan kepada Fakultas Peternakan Universitas Andalas untuk lebih meningkatkan kontribusi dalam pembangunan Sumatera Barat, terutama dalam bidang peternakan.

Harapan itu disampaikan Gubernur pada acara Rapat Senat Terbuka Peringatan Dies Natalis ke-58 Fakultas Peternakan Unand, secara virtual Senin (11/10/2021) pagi.

Pemerintah Sumbar telah menetapkan pembangunan Sumbar bertumpu pada sektor pertanian, yang di dalamnya termasuk peternakan. Dalam skop yang lebih kecil Gubernur menghimbau agar kebutuhan-kebutuhan hotel akan daging di Sumbar harus diisi oleh pengusaha-pengusaha lokal, sehingga efeknya terasa pada masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan.

Dalam acara Dies Natalis ini menyampaikan orasi ilmiah Dr Lendrawati, SPt, M.Si dengan judul makalah “Tantangan Logistik Ruminansia Kecil di Era 4.0” (Minimalkan Stres dan Terapan Kesejahteraan Hewan).

Dr Lendrawati mengingatkan kepada stakeholders peternakan agar lebih memperhatikan penerapan kesejahteraan hewan (walfare) dalam menjalankan bisnis dibidang peternakan. Selain dapat memberikan keuntungan maksimal juga mampu meningkatkan kualitas daging yang akan dikonsumsi masyarakat.

Orasi ilmiah Lendrawati ini berpijak pada hasil penelitiannya, bagaimana penting memperhatikan welfare peternakan dalam kaitan transportasi ternak. Potensi peternakan di Indonesia sangat diperlukan managemen dan tekhnis transportasi peternakan, apalagi menghadapi tantangan global di era 4.0.

Dekan Fakultas Peternakan Dr Adrizal MSi dalam pidato Dies Natalis mengapresiasi orasi ilmiah Lendrawati yang sangat relevan dengan usaha peternakan hari ini. Mudah-mudahan orasi ilmiah yang berpijak pada hasil penelitian S.3 di IPB ini bisa diadopsi masyarakat untuk kemajuan dunia peternakan hari ini dan masa datang.

Dekan Fakultas Peternakan menguraikan berbagai prestasi fakultas baik dibidang ilmiah maupun bidang SDM dan kerjasama kelembagaan. Saat ini Faterna sudah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Jerman, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand dan negara lainnya. Termasuk juga perusahaan top perunggasan Indonesia, seperti Charoen Phokpan dan Jakfa.

Capaian kinerja fakultas juga sangat memuaskan. Jumlah dosen yang menyelesaikan S.3 selalu meningkat, begitu juga dengan akreditasi dengan predikat Sangat Memuaskan.

Peringatan Dies Natalis Unand ini diselenggarakan dalam Rapat Senat Terbuka yang dipimpin Ketua Senat Fakultas Prof. Dr. Asdi Agustar. Kehadiran Rektor Unand diwakili Prof Dr Mansyurdin yang menyampaikan ucapan selamat Dies Natalis ke-58 kepada Fakultas Peternakan.

Sesuai tema Dies, “Menjawab Tantangan Unand sebagai PTNBH”, Mansyurdin mengatakan hal yang perlu dilakukan adalah mempercepat akreditasi internasional. Bila hal ini berhasil maka akan mengangkat peringkat Unand ditingkat internasional.

Mansyurdin menyebut keberhasilan Fakultas Peternakan dibidang MBKM (Merdeka Belajar, Kampus Merdeka) dengan beberapa program yang sukses magang di perusahaan terkenal di Indonesia, seperti Charoen Phokpan dan PT. MOSA dan dunia usaha peternakan lainnya.

Hadir dalam acara Dies ini Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah melalui virtual, Deputi Kementerian Investasi dan Penanam Modal RI Ir Yuliot, Wakil Gubernur Ir. Audy Joinaldi MM, MSc dan Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah secara langsung. Selain itu hadir Dekan-Dekan dilingkungan Unand. (rel/be)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *