Tanah Datar

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tanah Datar Buka Baitul Arqam PCM Lima Kaum

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tanah Datar Drs. Yuliasman membuka secara resmi kegiatan Baitul Arqam bagi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lima Kaum bersama Ranting dan juga pimpinan amal usaha dan guru serta angkatan muda Muhammadiyah, yang dilaksanakan di Gedung MTs Muhammadiyah Lima Kaum.

Pembukaan itu juga dihadiri Sekretaris PDM Muhammadiyah Asmet Syamsu, Ketua Aisyiah Tanahdatar Hj Rusyda Rusli, Ketua Majelis Ekonomi Muhammadiyah H Jimmi dan Camat Lima Kaum yang diwakili Sekcam Lima Kaum Narti serta Kepala MTs Muhamadiyah Lima Kaum Dina Muliawati, Pengurus PCM Lima Kaum H Yunan dan Amril dan nara sumber Datuk Bijayo.

Sebelumnya Pimpinan cabang Muhammadiyah Lima Kaum Mustafa Akmal Dt. Sidi Ali menyampaikan terima kasih atas kehadiran peserta Baituil Arqam. Inti dari kegiatan ini adalah untuk memantapkan pemahaman kita terhadap organisasi Muhammadiyah dan berkomitmen pada organisasi Muhammadiyah beserta amal usahanya yang terus ditanamkan kepada para kader dan guru termasuk kepada kepada Pimpinan amal usaha cabang Muhammadiyah Lima Kaum, apalagi PCM Lima Kaum dipercayakan kembali untuk mengikuti penilaian PCM tingkat Sumatera Barat. Dalam waktu dekat ini akan dilakukan penilaian oleh tim LPCR Pusat dan kita juga butuh dukungan dari Pemerintah Daerah Tanah Datar, PDM dan juga Camat Lima Kaum yang selama ini banyak dukungan untuk PCM Lima Kaum.

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tanah Datar Drs Yuliasman mengatakan aspresiasinya atas kegiatan yang digagas oleh PCM Lima Kaum dalam melaksanakan kegiatan Baitul Arqam ini karena dalam organisasi ada tiga hal penting yang harus kita lakukan secara terencana baik untuk kaderisasi. Pertama, kondisi keumatan dan bagaimana Muhammadiyah bisa mengambil peran dan generasi muda Islam saat ini yang semakin jauh dari agama, kehidupan bebas dan serba instan, pengaruh narkoba, televisi, medsos, serta keilmuan yang rendah, terlena dan malas belajar. Kedua adalah kaderisasi merupakan kebutuhan Muhammadiyah akan estafet kepemimpinan yang berkualitas.

Jika persyarikatan tidak menyiapkan para kadernya secara sistematis dan organisatoris, maka dapat dipastikan bahwa Muhammadiyah sebagai suatu organisasi akan lemah tidak berkembang. Dan ketiga, kebutuhan regenerasi di internal Pimpinan Muhammadiyah. Regenerasi kepemimpinan yang sehat karena ditopang oleh keberadaan kader-kader yang qualified, selain akan menjadikan organisasi bergerak dinamis, juga formasi kepemimpinannya akan segar dan enerjik.

Disamping itu PDM menyampaikan selamat kepada PCM Lima Kaum yang dipercayakan lagi untuk mengikuti cabang Ranting Muhammadiyah Award tahun 2022 yang diikuti oleh tiga PCM, yaitu PCM Lima Kaum, PCM Lubuk Begalung dan PCM Talu Kabupaten Pasaman. Tahun sebelumnya PCM Lima Kaum juga telah diundang untuk penilaian PCM di Goa Sulawesi Selatan. “Mari kita bersama sama menyiapkan berbagai kriteria dan penilain yang diberikan nantinya disamping bukti dukungan administrasi terhadap kegiatan yang kita lakukan,” kata Yuliasman.

Sementara itu Camat Lima Kaum yang diwakili Sekcam Lima Kaum Narti menyampaikan selamat pelaksanaan kaderisasi Baitul Arqam bagi Pimpinan Cabang Lima Kaum, dan selama ini Cabang Lima Kaum sangat aktif dan ikut membantu pemerintahan kecamatan tidak saja dalam bidang pendidikan tapi juga dalam bidang kegiatan keagamaan. Kecamatan juga menyampaikan rasa gembira atas dipercayakan kembali PCM Lima Kaum mewakili Kabupaten Tanah Datar bersama dua PCM di Sumatera Barat untuk mengikuti penilaian cabang tergiat untuk ke tingkat nasional. “Kami bersama Wali Nagari se Kecamatan Lima Kaum siap mendukung penilaian itu nantinya, sehingga kita berharap PCM Lima Kaum bisa mewakili Sumbar ketingkat nasional nantinya,” kata Narti. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *