Pendidikan

412 Orang Siswa Kelas XII MAN 2 Kota Padang Ikuti Ujian Kompetensi Keagamaan Tahun 2022

Padang, PilarbangsaNews

Tercatat sebanyak 412 orang siswa kelas XII MAN 2 kota Padang ikuti ujian kompetensi keagamaan (UKK) tahun 2022. UKK dibuka langsung kepala MAN 2 kota Padang H. Akhri Meinhardi di hall Umar bin Khattab kampus MAN 2 kota Padang Jln Gajah Mada No. 100 Gunung Pangilun Padang, Selasa (22/02/2022).

Ikut hadir dalam acara pembukaan itu, wakil kepala bidang akademik Yuliasman, wakil kepala bidang kesiswaan Yusmal Yani, wakil kepala bidang humas Al Anshari, panitia pelaksana serta 22 tim penguji ujian kompetensi keagamaan.

Ujian Praktek kompetensi keagamaan di ikuti peserta yang berasal dari siswa kelas XII MAN 2 Kota Padang. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, mulai 22 sampai 23 Februari 2022 bertempat di kampus MAN 2 Kota Padang.

“Kegiatan UKK ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang bermanfaat bagi masyarakat disamping juga sebagai modal dasar bagi siswa yang akan menempuh jenjang pendidikan berikutnya,” kata Akhri Meinhardi mengawali sambutannya.

Siswa MAN 2 Kota Padang praktek memandikan jenazah

Akhri Meinhardi mengatakan bahwa tidak semua madrasah atau sekolah yang membuat program praktek keagamaan dan literasi, dikatakannya ini adalah bentuk panggilan jiwa kami dalam rangka menyiapkan siswa yang bisa berguna ditengah masyarakat dan juga bermanfaat di perguruan tinggi nantinya.

“Kita lihat ada yang meninggal dunia, orang yang menyelenggarakan jenazah itu ke itu saja, itu sebabnya diadakan ujian praktek keagamaan supaya bisa menyelenggarakan jenazah sesuai pedoman Al-Qur’an dan hadist Rasulullah,” ujar Akhri Meinhardi.

“Ketika praktek jenazah boneka jangan jadi ajang lucu lucuan, siswa harus merasakan betul bagaimana suasana penyelenggaraan jenazah seperti sungguhan,” lanjutnya memberikan penekanan.

Kepala madrasah juga berpesan kepada tim penguji ujian kompetensi keagamaan agar dapat bersungguh sungguh dan teliti dalam memberikan penilaian sehingga tujuan dari pelaksanaan UKK yakni menciptakan siswa yang handal dan terampil dapat tercapai hendaknya.

Ditempat yang sama ketua panitia UKK tahun 2022 Happy Harmonis menuturkan bahwa tujuan literasi adalah membentuk siswa terampil dan menjadi modal dasar yg tangguh baginya untuk hidup di tengah masyarakat. Dituturkannya bahwa kegiatan sudah di mulai Oktober 2021 dengan menulis artikel dan dilanjutkan Februari 2022 dengan khutbah serta penyelenggaraan jenazah.

“Acara yang sarat makna ini dilaksanakan dalam bentuk tiga kegiatan, yaitu terampil menulis artikel, terampil berbicara dalam bentuk khotbah dan terampil tugas penyelenggaraan jenazah. Semuanya akan menjadi pra syarat untuk ikut ujian madrasah,” tambah Happy Harmonis.

Tak lupa, ia mengucapkan terimakasih kepada kepada komite literasi yang telah banyak berkontribusi, mulai dari kepala madrasah, panitia tanpa babiri (menunda-nunda) dalam melaksanakan tugas.

“Terima kasih kepada tim penguji yg akan menilai dan mengayomi anak kita yang akan menjadi pelajaran bagi siswa nanti dan dapat diaplikasikannya dalam masyarakat,” ujar pembina musikalisasi puisi tingkat nasional ini.

Sementara itu koordinator penilaian UKK
Al Anshari mengatakan bahwa kesungguhan dan keseriusan peserta ujian praktek menjadi point penting dalam hal kriteria penilaian, mulai dari kekompakan, kaifiyat dan bacaan serta adab.

“Penyelenggaraan jenazah dinilai berdasarkan kelompok. Masing-masing kelompok sudah ada nilai 95, nanti kalau ada kesalahan yang dilakukan, baik oleh kelompok maupun anggota kelompok itu sendiri, maka nilai akan di kurangi seberapa kali kelompok itu melakukan kesalahan sementara untuk adab penilaian dilakukan secara perorangan,”kata Al Anshari wakil kepala bidang humas ini.

Sementara untuk pidato/khotbah kata Al Anshari, penilaian dilakukan berdasarkan isi atau materi, bahasa, ekspresi dan adab. Isi meliputi kesesuaian dalil dengan tema, bahasa meliputi diksi, tata bahasa dan gaya bahasa sementara untuk ekspresi meliputi vokal, bahasa tubuh, penguasaan materi dan kemampuan berimprovisasi sedangkan untuk khotbah terpenuhi rukun khotbah dan adab meliputi etika dalam penyampaian pidato atau khotbah.

Sekretaris ujian kompetensi keagamaan Mihrar menambahkan bahwa untuk hari ini penyelenggaraan jenazah dilaksanakan jurusan IPA sedangkan pidato/ khotbah jurusan PK dan IPS.

“Masing-masing diuji oleh dua orang penguji. Besok (23/02) jurusan PK dan IPS penyelenggaraan jenazah, sedangkan IPA khotbah/ pidato. Untuk penyelenggaraan jenazah dilaksanakan di hall sedangkan untuk pidato/khotbah dilokal masing-masing” kata Mihrar. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *