.

25 Wartawan Aliansi Jurnalis Batanghari Jambi Press Tour ke Sumbar

Padang, PilarbangsaNews

Dua puluh lima wartawan dari Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi yang tergabung dalam AJB (Aliansi Jurnalis Batanghari), berkunjung ke Gedung PWI Sumbar di Lahan Jalan Bagindo Azischan Padang, Kamis (30/6/2022) pagi.

Kunjungan AJB yang dikemas dalam Press Tour Tahun 2022 ini, selain ke PWI Sumbar juga akan mendatangi destinasi wisata terkenal di Sumatera Barat, yaitu Pulau Sirandah di Kawasan Mandeh Pesisir Selatan dan Kota Wisata Bukittinggi.

“Kami ingin banyak yang belum pernah ke Sumbar, hanya baca-baca berita saja tetapi belum pernah melihat langsung keindahan Ranah Minang. Karenanya kami dari AJB mengagendakan ke Sumbar,” kata Ketua AJB Septa Randika.

Di Gedung PWI Sumbar, rombongan AJB diterima oleh Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus, S.Sos dan Ketua DKP PWI Dr. Basril Basyar, MM. bersama sejumlah pengurus antara lain Zulnadi, SH., Sidi Gusfen Khairul, Sawir Pribadi, Ir. Sukri Umar, M.Si., Dr. Amiruddin, SH.MH, Nofi Sastera, Bambang Irianto Dt. Tumanggung dan Syarifuddin Arifin.

Dari kiri ke kanan; Syarifuddin Arifin, Afrizal alias Adek Ambon, Nofi Sastera dan Gusfen Khairul

Selain bertukar informasi tentang pembinaan wartawan anggota PWI, Heranof Firdaus juga menjelaskan tentang perkembangan wartawan kompeten di Sumbar. “Hingga saat ini PWI Sumbar sudah menyelenggarakan 17 angkatan Uji Kompetensi Wartawan, ya jumlahnya hampir 700 orang dengan berbagai tingkat kompetensi,” ujar Heranof Firdaus lagi.

Menurut Septa Randika, wartawan yang tergabung dalam AJB ini adalah berasal dari media cetak, online dan televisi. Aktifitasnya adalah mengadakan diskusi, workshop dan pelatihan tentang pers, yang tujuannya untuk menambah wawasan dan keterampilan anggota AJB.

“Kami secara periodik juga mengadakan Press Tour ke berbagai provinsi, hingga ke Dewan Pers di Jakarta. Tahun 2022 ini kami sengaja mengagendakan Press Tour ke Sumatera Barat,” kata Septa Randika yang didampingi anggota senior AJB Afrizal atau yang lebih dikenal dengan Adek Ambon wartawan halojambi.id.

Dari Jambi, rombongan AJB masuk ke Kota Padang pada Rabu (29/6/2022) malam. Setelah beraudensi dengan Pengurus PWI Sumbar pada Kamis (30/6/2022) pagi, rombongan yang terdiri dari wartawan media cetak dan online ini terus menuju Kawasan Mandeh Pesisir Selatan, tepatnya ke Pulau Sirandah.

“Kami ingin menikmati keindahan Mandeh, memancing dan menikmati olahraga air. Tidak lupa tentunya menikmati kuliner Minang yang enak,” kata Septa Randika, yang merupakan wartawan www.tigasisi.net.

Dari Mandeh, rombongan AJB Jambi ini akan menuju Bukittinggi dan menginap Kota Jam Gadang ini. “Hari Minggu tanggal 3 Juli 2022 kami bertolak kembali pulang ke Batang Hari,” kata Afrizal Adek Ambon, yang di Kota Padang dikenal sebagai penyanyi ini. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *