.

Baralek Gadang di Jambi, Silaturahmi Rang Lengayang Semarak di Saat Armayulis Baminantu

Jambi, PilarbangsaNews

Karena Provinsi Jambi mayoritas perantauan Rang Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, pada Minggu (17/7/2022) saat salah satu keluarga Pasukuan Sikumbang Baralek Gadang di Perumahan Regency, Simpang Rimbo, Kota Jambi ratusan Rang Pasisia tumpah ruah menghadiri resepsi pernikahan itu.

Perantau Pessel umumnya dan Rang Lengayang khususnya menghadiri undangan dari keluarga Hasnam dan Armayulis di Perum Bougenville Blok Jc 01, RT 28 Simpang Rimbo, Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi. Putra pertama dari keluarga ini, sangat berbahagia, selain dihadiri Pihak Bako dari Pasukuan Melayu Subarang Tarok Lakitan Kecamatan Lengayang Pessel, juga dihadiri langsung Paman/ Mamaknya Edyson beserta rombongan dari Jakarta serta rombongan dari Pasar Lakitan yang dipimpin Raflipudin, Wali Lakitan Induk.

Putra pertama Armayulis- Hasnam itu bernama Beni Kurniadi SIp ini mempersunting Riska Aryani Saputri, SPd, putri pertama dari keluarga Andriyadin-Nuraini, yang akad nikahnya berlangsung Jumat (15/7/2022) di Komplek Kehutanan Blok C No 12, Mayang Mangurai Kota Jambi.

Resepsi pernikahan Beni dan Riska benar-benar ramai. Ratusan warga IKWAL (Ikatan Keluarga Wilayah Lengayang) Kota Jambi dan warga PKPS yang merantau ke wilayah Jambi hadir di pesta pernikahan itu. Demikian pula warga perantau Lengayang di Jakarta yang dipimpin Edyson juga turut hadir.

Dari pagi hingga sore mereka saling bergantian datang. Seperti biasanya, hajatan pesta pernikahan diperantauan juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi sesama perantau Lengayang (IKWAL), Pessel (PKPS) dan warga Minang lainnya yang berhimpun dalam IKM (Ikatan Keluarga Minang).

Setelah nasehat perkawinan oleh H Tamar Tarewe dan dilanjutkan acara khusus seserahan dari Bako dilanjutkan dengan ucapan selamat kepada kedua mempelai dan makan, banyak di antara mereka yang tetap bertahan di lokasi pesta hingga berjam-jam. Mereka tampak asyik ngobrol, cipika-cipiki, foto-foto dan tertawa lebar. Melepas rindu dan taragak sesama perantau, kira-kira begitulah suasananya.

Tuan rumah pun senang hati dengan situasi itu. Karena begitulah lumrahnya kehidupan silaturahmi warga IKWAL di perantauan. Sebelum acara resepsi dimulai diawali dengan pembacaan umul Al-Quran dan pembacaan Barzanji, yang membuat suasana resepsi Armayulis, pensiunan Kemenag Jambi ini berlangsung hikmat dari awal hingga akhir resepsi tersebut.

Armayulis dan Hasnam, Ibu dan Bapak mempelai pria Beni serta besan duduk mendampingi kedua mempelai, menerima ucapan selamat dari para tamu.

Sedangkan Edyson dan Raflipudin mamaknda Beni dari awal resepsi selain menyaksikan kehadiran undangan juga mengkonsolidasikan anak kemanakannyo diperantauan agar selalu kompak dan seiya sekata dalam menyikapi kabar baik dan kabar buruk. Salah seorang dari kemenakanda mereka ini sudah merantau lintas negara, yakni di Jepang, putra kedua Armayulis Hasnam.

Selamat berbahagia Benin dan Rizka, semoga menjadi keluarga samawa. Keluarga perantau IKWal dan PKPS Kota Jambi umumnya di Jambi dan di mana pun berada, tetaplah kompak. Senantiasalah menjaga silaturahmi, karena silaturahmi adalah investasi yang sangat penting dan berharga. (Age)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *