Tanah Datar

SIAP PKK, TP PKK Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi Kaji Tiru ke Tanah Datar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Kemajuan teknologi memang telah memudahkan sistem pelaporan untuk segala macam urusan baik institusi maupun personal. Saat ini, untuk membantu mempermudah sistem pelaporan dan konektivitas, telah dibuat berbagai aplikasi, seperti e-PKK di Tanah Datar yang dikenal dengan Sistim Informasi Administrasi Pendataan (SIAP) PKK.

SIAP PKK adalah aplikasi dengan sistem website dan android untuk memudahkan pengisian data, optimalisasi pengelolaan dan pelaporan 10 Program Pokok PKK dan Dasawisma.

Wakil Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian mengatakan Tanah Datar terdiri dari 14 kecamatan, 75 nagari dan 395 jorong, dengan jumlah penduduk mencapai 374.431 jiwa dan total 4.625 kelompok dasawisma menurut data tahun 2021.

Hal ini disampaikan Ny. Patty Richi Aprian ketika menerima kunjungan rombongan kaji tiru Tim Penggerak PKK Sungai Penuh, Provinsi Jambi yang dipimpin langsung oleh ketua TP PKK Kota Sungai Penuh Herlina Ahmadi, Selasa (13/09/2022) di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Dikatakan Ny. Patty Richi Aprian, Untuk mendukung tertib administrasi 10 program pokok PKK, khususnya kelengkapan data, TP PKK Tanah Datar bermitra dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Datar melaunching aplikasi bernama SIAP PKK.

“Kami telah melaunching SIAP PKK, yaitu menertibkan administrasi PKK dari tingkat kabupaten, kecamatan,nagari hingga jorong. Saat ini kelompok dasawisma di Tanah Datar bertambah dari 4.625 tumbuh sebanyak 1.885, bertambah dari 1.861 dan maju 879 kelompok dasawisma,” katanya.

Ny. Patty mengatakan jika dirinya bersama ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra dan seluruh jajaran pengurus di semua tingkatan bertekad untuk mengerahkan kelompok dasawisma yang baru-baru ini menggelar rapat koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat, Wali Nagari dan ketua TP PKK disemua tingkatan.

Pada kesempatan itu, Ny. Patty juga menyebutkan berbagai prestasi yang diraih TP PKK Tanah Datar, seperti Juara Umum Jambore Kader Prestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022, Juara 1 Dasawisma Tingkat Sumatera Barat, Juara 1 Lomba rancangan busana kembaran PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan masih banyak prestasi lainnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Sungai Penuh Ny. Herlina Ahmadi mengatakan kota Sungai Penuh terdiri dari 8 kecamatan, 65 desa dan 1.005 kelompok dasawisma.

“Saat ini di Kota Sungai Penuh kendalanya permasalahan sampah, makanya kami TP PKK merasa terpanggil dan menggerakkan kelompok dasawisma untuk bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) bagaimana cara menangani sampah agar bermanfaat kembali, seperti sebagai aneka kerajinan,sampah basah diolah menjadi magot yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pupuk,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris TP PKK Tanah Datar Rosnidel mengatakan SIAP PKK dirancang untuk mengumpulkan pendataan dasawisma meliputi data warga, data keluarga dan kegiatan-kegiatan PKK yang dapat dipantau melalui SIAP PKK ini.

Pada kesempatan yang sama, Siti dari Dinas Kominfo Tanah Datar menyampaikan bahwa aplikasi SIAP PKK berbentuk website dan Android dengan tiga tingkatan pengguna atau user yaitu admin nagari,admin kecamatan dan admin kabupaten.

Untuk menu dalam aplikasi, dikatakan Siti ada berupa data dinding, master geografis, master monitoring, monitoring nagari, serta dapat menampilkan secara otomatis data yang masuk dari nagari dan kecamatan sehingga dapat dipantau admin mana yang belum menginput data.

Turut hadir saat kaji tiru tersebut Sekretaris Dinas Kominfo Tanah Datar Lovely Harman, Kabid Pemberdayaan Dinas PMDPPKB Poppy Aziz dan Pengurus TP PKK Tanah Datar. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *