Pessel

Halalbihalal Anak Nagari Kubang Bayang Pessel di Jakarta

Jakarta, PilarbangsaNews.com, —

Anak nagari Kubang Kecamatan Bayang Pesisir Selatan, menyambung silaturahim sesama perantauan Jabodetabek, Jakarta, Bandung, Bogor Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Serang dalam rangka halalbihalal Ikatan Keluarga Besar Kubang/IKBK, di Taman Wiladatika Cibubur pada Minggu tanggal 2 Oktober 2022. Kegiatan yang selalu diadakan setiap tahun, sempat terhenti selama masa pandemi, dan pada tahun 2022 ini diadakan kembali.

Inti dari kegiatan halalbihalal adalah membangun ekosistem persatuan di perantauan, sebagaimana kultur ukhuwah di kampung dari dulu anak nagari Kubang terkenal dengan kekompakkannya. Anak nagari Kubang dalam kesehariannya di perantauan ada yang bekerja, dan mayoritas berdagang. Organisasi IKBK ini tidak terikat dengan organisasi politik mana pun. Akan tetapi, organisasi IKBK SOLIDARITAS di perantauan adalah organisasi badunsanak salingka nagari demi menjalin ukhuwah saling berbimbing tangan dan tentunya untuk membangun nagari, serta berpartisipasi berbagi suka maupun duka sesama anak perantauan.

Tradisi halalbihalal ini tidak terlepas dari sistem kolerasi berawal di grup Whatsapp bersinergi sesama anak perantauan. Bagaimana dana didapatkan, tak lain dan tak bukan dengan sistem list sumbangan, hingga tercapai anggaran yang direncanakan. Semaraknya suasana halalbihalal ini dengan adanya lelang apik ayam dan lamang tapai berjumlah belasan banyaknya. Sumbangan dari apik ayam tersebut atas kerjasama emak-emak di perwakilan Jabodetabek, sehingga ke semuanya terjual dengan sistem lelang, dan terkumpul dana di lelang tersebut sebanyak Rp 37.000.000.

Ada yang menarik di acara “Silaturahim Halalbihalal IKBK Solidaritas” ini adalah kehadiran Bakri Maulana SE di Taman Wiladatika Cibubur, beliau ini ikut mencalonkan diri sebagai bupati Pesisir Selatan pada periode yang akan datang. Kami warga perantauan menyambut baik kehadiran beliau, dan itu sebagai bukti pada ranah demokrasi mengunjungi undangan warga. Kebetulan beliau adalah ada ikatan babako ka suku Melayu di nagari Kubang, karena raso babako itulah kemistri dijalin. Beliau dari dulu di kampung pun di rantau selalu berinteraksi dengan anak nagari di perantauan.

Organisasi IKBK SOLIDARITAS ini di bawah pembina Syafrizal SH. Dt Rangkayo Basa, dan ketua IKBK Faizul dengan masa bakti tiga tahun berjalan, dan sistem kepengurusan di IKBK ini sifatnya regenerasi. Dengan adanya masa bakti pengurus lama selama tiga tahun, maka secara aklamasi terpilih pengurus dengan masa bakti 2023-2026 di akhir acara halalbihalal tersebut. Pesan-pesan dari pembina IKBK Syafrizal Dt Rangkayo Basa, bagaimana planning halalbihalal ini untuk mengumpulkan dana anak nagari Kubang di perantauan dan bisa membangun rumah singgah atau gedung serbaguna sebagai tempat penghubung anak nagari di rantau dan dari kampung. Semoga obsesi ini tercapai segera. Kami warga Kubang di perantauan tidak menutup pihak mana pun berbagi kepada kami. Dan itu akan menjadi simbiosis mutualisme tentunya.

Penulis: Romy Sastra
Pesing, 3 Oktober 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *