Agama

Wakaf 1.000 Hafiz ke-7 Kembali Dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Meski diwarnai gerimis, namun tidak mengurangi hikmat pelaksanaan Wakaf 1000 Hafizh ke 7 tahun 2022 di halaman Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar Minggu (23/10/2022).

Iqbal Ramadi Payana, Ketua Pelaksana yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar, mengatakan kegiatan Wakaf 1.000 hafizh ini bertujuan untuk merangsang semangat dan minat baca untuk menghafal Al-Qur’an demi terwujudnya Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Madani.

“Kegiatan Wakaf 1.000 Hafiz ini juga sinergis dan sejalan dengan Program Unggulan Tanah Datar yaitu Program 1 Rumah 1 Hafiz/Hafizah nantinya 15 sampai 20 tahun,generasi muda dan pimpinan di Tanah Datar menghafal Al Quran,” sampainya.

Iqbal mengatakan 1.000 peserta Wakaf tersebut merupakan hasil seleksi dua tahap yang dilaksanakan di Masjid Nurul Amin Pagaruyung pada bulan Agustus 2022 lalu.

“Dari hasil seleksi, telah menghasilkan 38 peserta terbaik dari kecamatan dan masing-masing kelompok. Dan juga berhasil menentukan diidentifikasi hingga 6 nagari terbanyak yang telah memasang stiker 1 rumah 1 hafizh/hafizah,” sampainya.

Iqbal juga menyampaikan, peserta wakaf akan mendapatkan sertifikast dan medali yang akan diserahkan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar serta Forkopimda dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, diakhiri dengan tausyiah oleh Ustad H. Wijayanto dari Jogjakarta.

Sementara itu, Bupati Eka Putra mengaku sangat terharu melihat dan menyaksikan antusiasme para generasi muda dan orang tua yang telah mampu berpartisipasi dalam kegiatan Waqaf 1000 Hafiz ke-7 tahun 2022 ini.

“Terima kasih kepada seluruh panitia dan dukungan Lajnah Tahfizul Quran, Forum Komunikasi Rumah Tahfizh dan pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu, terutama para orang tua yang mendorong dan membimbing anaknya menjadi seorang hafizh atau hafizah,” ujar Eka.

Eka kembali menegaskan bahwa pelaksanaan Waqaf 1000 Hafiz tahun ini di Istano Basa Pagaruyung menjadi obat rindu dan semangat baru bagi masyarakat Tanah Datar, seperti dua tahun terakhir pandemi Covid-19,sehingga kegiatan ini digelar di Indojolito secara terbatas.

“Alhamdulillah kegiatan Waqaf tahun ini bisa diadakan di Istano Basa Pagaruyung, semoga ini menjadi awal dan menambah semangat kami untuk menjadi penghafal AlQur’an sejalan dengan Program Unggulan 1 Rumah 1 Hafizh/Hafizah di Tanah Datar,” ungkapnya.

Untuk Program Unggulan 1 Rumah 1 Hafiz/Hafizah, Eka menambahkan, sudah dipasang 2.798 stiker di berbagai wilayah Tanah Datar.

“Saya bersama pak Wakil Bupati dan dukungan DPRD komit untuk melaksanakan program keagamaan seperti Waqaf 1000 Hafiz dan Progul 1 Rumah 1 Hafizh/Hafizah.Alhamdulillah mendukung pencapaian tersebut, saat ini terdapat 268 Ruman Tahfiz yang membina generasi muda untuk menjadi hafizh/hafizah,” sampai Eka.

Eka juga mengatakan bahwa setidaknya dampak dari komitmen mendukung bidang keagamaan ini telah membuahkan hasil yang membanggakan buat Tanah Datar di tingkat nasional.

“Pada MTQ Nasional di Kalimantan Selatan, 8 kafilah asal Tanah Datar yang mewakili Sumbar,4 kafilah mampu meraih prestasi Juara 2, 3 dan juara harapan. Tentu ini menjadi kebanggaan dan motivasi bagi masyarakat Tanah Datar ,”kata Eka.

Sebelumnya, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu juga menyampaikan apresiasi dan selamat atas terselenggaranya kegiatan Wakaf 1000 Hafiz ke-7 tahun 2022.

“Selamat dan sukses atas penyelenggaraan kegiatan Wakaf hari ini, tidak terasa sudah ketujuh kalinya,setidaknya ada 7.000 hafiz. Semoga kedepannya kita bisa mengamalkan isi dan kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Turut hadir Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, anggota DPRD Sumbar,Forkopimda Tanah Datar, Bupati periode 2005-2015 Shadiq Pasadiqoe, Wakil Bupati periode 2005-2010 H. Masnefi, yang juga Ketua MUI Tanah Datar, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny.Lise Eka Putra, Ketua TP PKK periode 2016-2021 Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi dan undangan lainnya.

Adapun 6 Nagari terbanyak dalam memasang stiker pada 1 rumah 1 hafiz/hafizah adalah :

  1. Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan sebanyak 296 stiker
    2.Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto sebanyak 259 stiker
  2. Nagari Simawang Kecamatan Rambatan sebanyak 141 stiker.
  3. Nagari Padang Gantiang Kecamatan Padang Ganting sebanyak 121 stiker.
  4. Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan sebanyak 86 stiker
  5. Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto sebanyak 81 stiker.

Sementara itu, untuk yang terbaik menurut kategori adalah :

  1. Kategori SD/sederajat, untuk Pria adalah Yazid Ali Ikram hafalan sebanyak 10 Juz dari Rumah Tahfiz (RT) Hira Jihad, sedangkan Putri adalah Kaysha Aziza Humaira sebanyak 5 Juz dari RT Karamatul Qur’an.
  2. Kategori SMP/sederajat, untuk pria adalah Muhammad Abdul Karim sebanyak 10 juz dari RT. Haji Sumanik, sedang Putri adalah Siti Maryam Karomah sebanyak 10 juz dari RT. Haji Sumanik.
  3. Kategori SMA/sederajat, untuk pria adalah Muhammad Rafi sebanyak 15 juz dari RT. Mukhlisin, sedang putri adalah Sabrina Muslihah sebanyak 15 juz dari MAN 2 Batusangkar.
  4. Kategori Mahasiswa, untuk pria adalah M. Bayu Kusuma sebanyak 10 juz dari RT. Nurul Hikmah, sedangkan putri adalah Misrayatul Husna sebanyak 5 juz dari RT. Al Kautsar.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *