Dharmasraya

Bupati Pimpin Apel Gabungan Bulan November, Seluruh ASN Diminta Aktif Sukseskan MTQ Tingkat Kabupaten

Dharmasraya, PilarbangsaNews– Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin langsung Apel Gabungan Bulan November 2022. Apel gabungan ini dilaksanakan di halaman kantor Bupati Dharmasraya, Senin, (07/11/22), yang dihadiri oleh Sekda Dharmasraya, Adlisman, Kepala OPD se-Kabupaten Dharmasraya, dan sleuruh ASN di lingkungan Pemkab Dharmasraya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa pada tanggal 17 sampai dengan 19 November mendatang akan dilaksanakan MTQ Tingkat Kabupaten Dharmasraya yang ke-11 di Kecamatan Padang Laweh. MTQ ini dilaksanakan merupakan agenda dan program nasional yang wajib kita sukseskan sebagai tanggung jawab pemerintah dalam menyiapkan dan mewujudkan generasi yang bermartabat, beriban dan bertaqwa kepada Allah SWT.

“Oleh karena itu, selaku ASN yang baik tentu, kita punya tanggung jawab moral untuk ikut serta berpartisipasi meramaikan tempat tempat lomba. Seperti tilawah, tartil, khutbah dan lomba lainnya,” himbau Bupati dihadapan seluruh ASN.

Kata Bupati juga, pada hari Rabu, 2 November lalu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Barat, Yusron telah meresmikan Balai Palanta Restorative Justice Kejaksaan Negeri Dharmasraya di Kantor Wali Nagari Sungai Kambut. Palanta Restorative adalah alternative penyelesaian kasus tindak pidana yang dalam mekanisme penanganannya melalui dialog dan mediasi dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku, keluarga korban dan pihak terkait lainnya. Seperti Ninik Mamak, Alim Ulama dan Cadiak Pandai atau Tokoh Masyarakat. Palanta Restorative Justice ini dapat dibuat disetiap nagari untuk menyelesaikan semua kasus dengan melibatkan tokoh masyarakat.

Selain itu juga, Pemkab Dharmasraya juga telah melakukan pertemuan, audiensi dan MoU dengan tiga perguruan tinggi negeri. Diantaranya dari Universitas Andalas, Universitas Negeri Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang. Pertemuan tersebut membahas tentang kerja sama seputar pendidikan.

Melihat untuk jangka panjang bagaimana generasi Dharmasraya memperoleh ilmu dengan baik sesuai dengan amanat Bapak Presiden Joko Widodo, tentang menggelorakan semangat belajar. Khusus pertemuan dengan pihak Universitas Andalas, menurut rencana akan membuka program S2 (magister) yakni Program Studi Administrasi Publik di Kampus III Unand Dharmasraya.

“Kita berharap dengan dibukanya Program S2 ini dapat membantu aparatur baik itu dari unsur TNI, Polri, Kejaksaan, pengadian, Anggota DPRD, aparatur Pemda dan instansi vertical lainnya dalam mengembangkan diri dan menambah wawasannya. Serta sangat membantu Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam peningkatan kapasitas aparatur, guna mendukung tugas dan fungsi organisasi dalam mensukseskan visi dan misi pemerintah,” kata Bupati lagi.

Selain itu juga, Bupati terus berharap kepada ASN agar dapat meningkatkan kedisiplinannya. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin PNS. Sehingga ASN dapat menjadi professional dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Terkait dengan disiplin PNS tersebut, mulai tanggal 7 November 2022 Dinas Kominfo Kabupaten Dharmasraya akan melakukan uji coba penggunaan Aplikasi “Absensi Online (Abon)” terhadap 6 OPD sebagai percontohan. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh ASN, sehingga akhirnya mampu meningkatkan disiplin, kinerja dan etos kerja pada masing-masing OPD. Sesuai dengan tugas dan gungsi yang diemban. (Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *