Pendidikan

Peringati Hari Pahlawan, Siswa MAN 2 Padang Diajak Meneladani Semangat Pejuang NKRI

Padang, PilarbangsaNews

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 2 Padang, Yusmal Yani, pada Kamis (10/11/2022) menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan yang digelar di lapangan Kampus MAN 2 Kota Padang, Jalan Gajah Mada No 100 Gunung Pangilun, Padang.

Dengan mengusung tema “Pahlawanku, Teladanku”, peringatan hari pahlawan 10 November 2022, diikuti Ka-TU, Arisman, wakil kepala, wali kelas, guru dan 1.425 siswa MAN 2 Kota Padang.

Yusmal Yani mengatakan bahwa peringatan hari pahlawan merupakan regulasi yang harus diikuti. Ia mengajak siswa untuk jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena masa sekarang tidak lepas dari masa sebelumnya, masa sekarang menentukan masa depan bangsa.

“Hari pahlawan setiap tahun adalah renungan panjang untuk menemukan kembali jejak perjuangan mereka yang telah gugur mempertahankan dan merebut kemerdekaan, penting diresapi dengan semangat dan keikhlasan,” demikian bunyi amanat Mensos RI yang dibacakan Yusmal Yani.

Yusmal Yani melanjutkan, dengan bermodalkan bambu runcing dan peralatan seadanya, rakyat bergandengan tangan bersama pemuka agama, tokoh masyarakat, laskar pemuda dan pejuang se-nusantara, melebur jadi satu melawan penjajah.

“Dengan senjata, pemikiran dan karya nyata, para pahlawan telah mewariskan nilai nilai yang patut dicontoh dan diteladani,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, bahwa para pejuang telah berkorban sampai titik darah penghabisan. Kemerdekaan ini bukan pemberian dari siapa siapa, tapi berkat rahmat Allah yang maha kuasa.

Diakhir sambutannya, ia mengajak siswa untuk menjadikan momentum hari pahlawan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, mari bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan, jangan mudah dipecah belah, ingat selalu Bhineka Tunggal Ika. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *