Pekanbaru

Tahap Pertama Tahun 2023, Baznas Kota Pekanbaru Salurkan Ratusan Juta Zakat

Pekanbaru, PilarbangsaNews,-

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Pekanbaru kembali menyalurkan zakat kepada 667 orang mustahik dengan Kisaran total sebesar lebih kurang 375 juta rupiah.

Zakat yang disalurkan diawal tahun 2023 ini diserahkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun S.STP M.Ap kepada perwakilan mustahik pada Jum’at 10 Februari 2023 di Masjid Paripurna Ar Rahman.

Dalam kesempatan tersebut Pj Wali Kota Pekanbaru menyampaikan apresiasinya kepada pengurus Baznas kota Pekanbaru yang telah membantu pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat dalam hal penyaluran zakat.

“Ini merupakan kerja ibadah yang sangat mulia. Mulai dari mendata penerima manfaat, mengumpulkan bantuan hingga menyalurkan zakat. Mudah mudahan program pengentasan kemiskinan ini dapat terus berlanjut, sehingga masyarakat dapat hidup tentram, aman dan sejahtera,” jelas Pj. Wali Kota Pekanbaru.

“Kita (pemerintah kota, red) juga di tahun 2023 ini akan menjalankan program yang dinamakan pro rakyat. Kita akan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan pengobatan secara gratis dengan mendatangkan dokter ke rumah-rumah yang disebut dokter on call, bantuan beasiswa dari keluarga tidak mampu kepada mahasiswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik, subsidi bunga untuk pelaku UMKM, santunan kematian senilai 1 juta rupiah kepada masyarakat yang kurang mampu, dan program manfaat lainnya,” tutup Muflihun.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Pekanbaru H. Endah Muda SH, MH mengatakan bahwa pelaksanaan pendistribusian zakat yang telah dilakukan tersebut merupakan hasil rekomendasi dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) diseluruh Masjid di kota Pekanbaru sebanyak 265 UPZ.

Untuk tahap I tahun 2023 di bulan Februari ini pendistribusian zakat sebanyak 667 orang tersebut terdapat beberapa program yakni :

1) Program Pekanbaru Makmur, bantuan berupa uang tunai senilai 134 juta rupiah, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 98 orang;

2) Program Pekanbaru Peduli, bantuan berupa paket sembako senilai 23,5 juta rupiah, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 47 orang;

3) Program Komunitas Pemberdayaan dari atas nama Azmi, bantuan berupa barang senilai 22,6 juta rupiah, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 5 orang;

4) Program Pemberdayaan dari atas nama Mukhlis, bantuan berupa uang tunai senilai 12,4 juta rupiah, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 3 orang;

5) Program Paket Sembako Peduli dari Instansi OPD pemerintah kota Pekanbaru, bantuan berupa paket sembako senilai 124,5 juta rupiah, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 249 orang;

6) Program bantuan dari Masjid Nurul Iman, bantuan berupa paket sembako senilai 33 juta rupiah, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 132 orang;

7) Program bantuan Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani, bantuan berupa paket sembako senilai 24,7 juta rupiah, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 99 orang;

8) Program bantuan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pemerintah kota Pekanbaru, bantuan berupa paket sembako, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 20 orang; dan

9) Program bantuan Madani, bantuan berupa paket sembako, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 14 orang.

Selain paket sembako, bantuan juga diberikan dalam bentuk berupa barang seperti mesin jahit, perlengkapan laundry, perlengkapan nelayan, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan dari masyarakat yang telah diusulkan oleh masing-masing UPZ disetiap wilayah.

“Untuk bantuan berupa barang ini kami sebelumnya telah menyarankan kepada seluruh UPZ agar dapat melakukan sortase terhadap mustahik, jadi ditanyakan kepada calon penerima manfaat atau mustahik mengenai keahlian yang dimilikinya, agar mereka kita masukan ke penerima zakat produktif. Dengan demikian mereka (mustahik, red) dapat memberdayakan kemampuannya dalam meningkatkan perekonomian,” ujar Endar.

Dengan dukungan yang diberikan oleh pemerintah kota Pekanbaru, selaku Ketua Baznas Pekanbaru Endar Muda menyampaikan ucapan terimakasih khususnya kepada Pj Wali Kota Pekanbaru.

“Kita sangat takjub dengan kepemimpinan Bapak Muflihun, karena selain dia mendukung penuh kegiatan kita, keberanian dan kemauannya telah menjadi motivasi serta semangat bagi kita dalam bekerja menyalurkan zakat kepada mustahik. Contohnya saja Tambahan Penghasilan Pegawai atau TPP telah dibayarkan penuh oleh pemerintah, sehingga para pegawai pun akan berpartisipasi ikut serta dalam membayarkan zakat penghasilannya,” ungkap Endar Muda.

“Terakhir kami menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Pekanbaru dapat menyalurkan zakatnya melalui Baznas kota Pekanbaru, agar tujuan kita untuk mengentaskan kemiskinan dalam mensejahterakan masyarakat dapat terwujud,” tutupnya. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *