Pekanbaru

Siaga Posko Khusus SAR, Nyoman : Agar Mudik Aman dan Berkesan Bagi Masyarakat

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) kelas A Pekanbaru mengelar upacara apel siaga SAR khusus angkutan lebaran tahun 2023.

Bertempat di Halaman Kantor SAR Pekanbaru yang bertindak sebagai pimpinan upacara Kepala Kantor SAR (Kakansar) I Nyoman Sidakarya SH dan diikuti oleh seluruh personel.

Selesai pelaksanaan apel siaga SAR khusus angkutan lebaran tahun 2023 tersebut, I Nyoman menyebutkan akan menyiagakan personil dan alut lengkap.

Bahkan ia juga mengatakan bahwa nantinya akan melaksanakan siaga posko terpadu diseluruh wilayah kerja yang ada di Provinsi Riau.

“Selain itu kita juga melakukan monitoring semua kegiatan terkait dengan siaga SAR di posko-posko induk, agar nantinya masyarakat bisa merasakan pelayanan maksimal sewaktu bepergian mudik sehingga aman dan berkesan,” sebut I Nyoman seraya mengatakan bahwa ini merupakan amanat dari Kepala Basarnas.

Adapun personil yang bertugas di satuan siaga khusus SAR yakni memantau situasi dan kondisi di lapangan diantaranya pelabuhan-pelabuhan, objek wisata, serta mengerahkan alut bersama personil stand by 24 jam di ruas jalan Tol.

“Hal ini merupakan bentuk keseriusan kita dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif,” imbuhnya.

Menurutnya lagi, untuk personil yang telah dikerahkan sekitar lebih kurang 106 orang tersebar wilayah Pekanbaru, RB 218, pos-pos unit di Tembilahan, Bengkalis, Meranti, Dumai, dan Bagansiapiapi.

“Untuk alut yang kita kerahkan yakni KN 218 di Dumai, dan kita juga monitor di penyeberangan masyarakat dengan tingginya arus peningkatan mudik selama masa lebaran, termasuk juga kita memonitor KN-KN yang ada di Kabupaten Siak,” ujar Kakansar.

“Kalo armada yang kita kerahkan ada rescue car, rescue truk, kompartemen, termasuk alut air juga,” imbuhnya.

Terakhir ia menekankan kepada seluruh personil agar terus meningkat sinergitas antar satuan dan stakeholder lainnya di posko-posko terpadu, agar nantinya peran dan tugas Basarnas dapat diketahui masyarakat, supaya mudik aman dan berkesan.

Kegiatan diakhiri dengan pelepasan beberapa alut yang akan disebar ke beberapa wilayah posko-posko se Provinsi Riau. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *