Dharmasraya

Pemkab Dharmasraya Gelar Rapat Persiapan HLUN dan Tagana


Dharmasraya, PilarbangsaNews – Dalam rangka menggelar perhelatan besar di Kabupaten Dharmasraya, Pemkab Dharmasraya melakukan persiapan dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 dan Tagana ke 19 yang tinggal menghitung hari.
Oleh karena itu, seluruh camat se-Kabupaten Dharmasraya menggelar rapat bersama di Dinas Sosial Kabupaten Dharmasraya. Acara rapat ini dilaksanakan di Aula lantai dua Kantor Bupati, Pulau Punjung, Selasa (16/05/2023). Dengan agenda rapat memastikan persiapan dua perhelatan besar tingkat nasional, yang berpusat di Kabupaten Dharmasraya.
Sebelas Camat, Kepala Dinas Sosial, Kabid yang membidangi kegiatan tersebut serius membahas tentang segala persiapan perhelatan besar tersebut. Salah satunya adalah petunjuk pelaksanaan dan teknis di hari puncak HLUN dan Tagana yang jatuh pada tanggal 29 sampai 31 Mai 2023 nanti.
Begitupun persiapan yang tengah dipersiapkan di 11 Kecamatan oleh Perangkat Kecamatan bersama sentra-sentra yang sudah berada di Ranah Cati Nan Tigo untuk mempersiapkan pelayanan dan bantuan bagi lansia Dharmasraya di puncak HLUN dan Tagana nanti.
Begitupun di Kecamatan Koto Salak, persiapan tengah di maksimalkan oleh pemerintah kecamatan bersama Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Dit. Jamsos, Sentra Bahagia Medan, Sentra Budi Luhur Banjarbaru, Sentra Insyaf Medan, dan Pusdatin Kesos.
“Kami bersama Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Dit. Jamsos, Sentra Bahagia Medan, Sentra Budi Luhur Banjarbaru, Sentra Insyaf Medan, dan Pusdatin Kesos yang dari luar daerah atau kota untuk HLUN ke 27 ini saling bersinergi guna persiapan yang semaksimal mungkin. Dan kami akan berusaha untuk menyuskseskan kegiatan ini,” ujar Camat Koto Salak, Arwenta.
Kata Arwenta lagi, sebelumnya Rabu 17 Mei akan menggelar rapat koordinasi pemantapan HLUN 27 dan Tagana ke 19 bersama penanggungjawab, sentra-sentra, koordinator kecamatan Koto Salak, Forkopimca, Kepala Puskesmas, Wali Nagari, PKH dan TKSK Kantor Camat Koto Salak.
Selanjutnya peninjauan lokasi Rumah Sejahtera Terpadu (RST) di Nagari Simalidu atas nama lansia Nenek Syamsima yang bertempat di Jorong Kampung Baru Dalam.
“Kami bersama Sentra dan Tagana juga tengah persiapan design pentas utama untuk Kecamatan Koto Salak serta pemasangan tenda Tagana pendamping Tenda Utama pada Kamis 18 Mei 2023 kemarin,” Jelas Camat Koto Salak lagi.
Adapun bantuan dan pelayanan yang diterima lansia Dharmasraya di Puncak Hari Lanjut Usia Nasional ke 27 dan Tagana ke 19 nanti dari sentra-sentra Kemensos adalah berupa permakanan, sembako, sandang, renovasi rumah, bantuan kewirausahaan, operasi katarak, obat-obatan, kursi roda, alat bantu dengar, tongkat, rekam E KTP, isbat nikah, kacamata baca, nutrisi, sarana kamar lansia, dan kebutuhan kebersihan diri lansia. (Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *