Tanah Datar

Bupati Eka Putra: Saya Minta Para Dokter Dan Nakes Selalu Tersenyum dan Ramah Saat Tangani Pasien

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Disaksikan Oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE,MM,Ketua IDI Wilayah Sumatera Barat Dr.dr.Roni Eka Sahputra, Sp.OT(K) Spine resmi lantik dr. Hadianto, Sp.PD.FINASIM sebagai ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tanah Datar periode 2023-2026, Rabu(24/5/2023) di aula Kantor Bupati Tanah Datar menggantikan Ketua IDI sebelumnya dr. Adriwan Anrimas.

Turut hadir Ketua IDI MPPK Wilayah Sumbar dr. Akmal Mufriady Hanif, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Yesrita, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Direktur Rumah Sakit M. Ali Hanafiah dr. Nurman,Kepala BPJS cabang Batusangkar dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Eka Putra menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh jajaran pengurus IDI Cabang Tanah Datar yang baru dilantik.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi tinggi kepada seluruh jajaran IDI cabang Tanah Datar, dan terima kasih khusus kepada panitia yang telah melakukan segalanya untuk pelantikan hari ini.walaupun dilakukan secara sederhana, namun menurut Saya ini sangat luar biasa karena kami tahu IDI pasti akan membuat acara ini jauh lebih mewah lagi tetapi itu tidak dilakukan,” kata Eka Putra.

Bupati Eka Putra mengatakan profesi dokter tentu berbeda dengan profesi lainnya, karena dokter bekerja satu hari 24 jam dan kapanpun dibutuhkan masyarakat harus siap tanpa melihat kapan waktunya.

“Untuk itu, saya meminta kepada para dokter dan tenaga kesehatan lainnya untuk selalu tersenyum dan ramah saat merawat pasien. Setiap kali melihat wajah pasien, bayangkan betapa mereka sangat membutuhkan bantuan dari bapak dokter dan ibu dokter. Jika kita tersenyum dan ramah, mereka pasti jauh lebih baik, saya yakin dokter Tanah Datar sudah menerapkan ini,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati Eka Putra juga mengingatkan kepada seluruh dokter untuk selalu mengingat sumpahnya saat menjadi dokter.

“Saya di sini hanya untuk mengingatkan lagi tentang sumpah yang diucapkan saat menjadi dokter. Itu harus selalu kita ingat agar kita tidak menyimpang dari tujuan awal kita, itulah sebabnya kita memilih untuk menjadi seorang dokter,” terangnya.

Bagi pengurus cabang IDI Tanah Datar yang baru dilantik, Bupati Eka Putra juga berpesan agar bekerja dengan sepenuh hati dan profesional agar semua lapisan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Sebelumnya, Roni Eka Sahputra, Ketua IDI Wilayah Sumatera Barat berharap pengurus IDI Cabang Tanah Datar yang baru terus menjaga kekompakan.

“Pengurus IDI itu harus punya karya dan kerja,untuk itu mari kita bekerja sama dengan Pemda karena kita harus bisa berbuat sesuatu untuk masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Rumah yang kita banggakan adalah IDI, untuk itu mari kita bersama jadikan IDI sebagai tempat yang nyaman untuk kita bernaung dan berkarya,” pintanya.

Dia juga mengatakan bahwa organisasi yang kuat adalah organisasi yang mampu membuat seluruh anggotanya teroganisir. “Seluruh anggota organisasi harus satu frekuensi agar semuanya bisa berjalan dengan baik. Kita satu, kita kompak untuk membesarkan organisasi kita ini. Dalam semangat ini, mari kita bersama-sama mencari solusi untuk kesehatan masyarakat,” imbuhnya.

Di akhir penyampaiannya, dr. Roni juga berharap agar Pemerintah Daerah dapat mendukung misi mulia para dokter dan bekerja keras untuk kesehatan masyarakat.

Sementara, Dr Adriwan Anrimas Ketua IDI cabang Tanah Datar periode sebelumnya mengatakan bahwa masa kepengurusannya dari tahun 2019-2022 merupakan masa kelam bagi IDI.

“Saat itu, wabah pandemi covid sedang melanda dunia, dan banyak staf medis, termasuk dokter, kehilangan nyawanya dalam perang melawan pandemi tersebut. Namun, kami dan yang lainnya terus bekerja keras untuk menyelamatkan masyarakat di wilayah masing-masing.Sehingga dimasa kepengurusan kami praktis tidak ada kegiatan lainnya selain didalam penanganan pandemi,” ujarnya.

Selain itu,dr. Adriwan juga berharap pengurus IDI yang baru dapat bekerja sama dengan Pemda untuk mendukung program pemerintah yang sudah tercantum dalam RPJMD, khususnya di bidang kesehatan.

Ketua IDI terpilih dr. Hadiyanto berharap IDI cabang Tanah Datar dibawah kepemimpinannya nanti bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah serta organisasi profesi lainnya dalam melaksanakan amanat undang-undang, terutama didalam memberikan pelayanan kedokteran terbaik bagi masyarakat.

“Ada begitu banyak masalah kesehatan yang masih menjadi PR dan tugas kita bersama. Diantaranya masih tingginya angka kematian ibu dan bayi, selain itu juga penanganan penyakit tidak menular seperti diabetes, jantung, hipertensi dan stunting,” ujarnya.

Lebih jauh, Hadianto juga mengatakan bahwa virus HIV AIDS juga menjadi tantangan dan tanggungjawab bersama profesi sebagai seorang dokter.

“Insya Allah, dalam masalah ini IDI akan berkolaborasi dengan Pemda. IDI juga akan mendukung segenap program unggulan Pemda Tanah Datar, terutama yang terkait dengan masalah kesehatan. Untuk itu, besar harapan kami pak Bupati dan jajarannya selalu mendukung kami dalam setiap pelaksanaan kegiatan,” harapnya.

Dia juga mengajak kepada seluruh pengurus IDI cabang Tanah Datar untuk melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab

“Kita harus menyadari saat kita dilantik sebagai pengurus IDI adalah kerja sosial. Ini kerja yang membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran kita demi kemajuan organisasi yang kita cintai sehingga nanti akan selalu menjadi rumah besar yang nyaman bagi kita semua,” pungkasnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *