Agama

Hadiri Wisuda Hafizh di Aie Angek, Bupati Eka Putra : Hafizh/Hafizhah Mahkota Surga Orang Tuanya

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Tidak hanya mampu melindungi diri dari pengaruh negatif masyarakat yang saat ini begitu gencar merongrong generasi muda, tetapi para hafizh dan hafizah juga akan menjadi mahkota surga bagi kedua orang tuanya.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat Peresmian dan Wisuda Tahfizh Angkatan I Rumah Tahfizh Daarul Ilmi Surau Inyiak Tuo Nagari Aie Angek Kecamatan Koto,Kamis (1/6/2023).turut dihadiri anggota DPRD Sumbar Mesra,anggota DPRD Tanah Datar Syafril,Camat X Koto, Wali Nagari, BPRN, KAN, Bundo Kanduang, Pemuda dan undangan lainnya.

“Selamat diwisuda dan semoga sukses meraih cita-cita kedepannya. Saat ini baru 15 orang santri yang diwisuda dan semoga tahun berikutnya meningkat menjadi tiga kali lipat,” ujar Eka.

Bupati mengungkapkan Pemerintah Daerah telah melahirkan berbagai program keagamaan, salah satunya adalah satu rumah satu hafizh/hafizah untuk menyambut Indonesia emas 2045 dimana generasi muda Tanah Datar saat ini akan menjadi para penghafal Al Quran.

“Setidaknya saat ini kita memiliki sekitar 14 ribu anak-anak kita penghafal Al-Quran di Tanah Datar, ke depan minimal setengah dari masyarakat kita adalah hafizh/hafizah,sehingga pada tahun 2045 pemimpin dari Jorong sampai Bupati adalah penghafal Al Quran,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan kebanggaan kepada masyarakat Nagari Aie Angek yang telah membangun Rumah Tahfizh (RT) sebagai salah satu cara untuk mendidik anak dan kemenakannya di Nagari Aie Angek untuk menjadi penghafal Al Quran.

“Sudah Ada kurang lebih 300 Rumah dan Pondok Tahfizh di Tanah Datar dan ini akan terus kita dorong ke depan. Saya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak, baik itu masyarakat, perantau maupun donatur, yang telah berkontribusi dalam pembangunan RT ini. menyumbangkan harta dan tenaganya dengan harapan menjadi amal ibadah dan dinilai pahala oleh Allah SWT,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Popy Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan rombongan yang telah hadir dalam kegiatan sekaligus meresmikan RT Daarul Ilmi Surau Inyiak Tuo.

“Terima kasih atas kehadiran pak Bupati bersama rombongan,ini menjadi motivasi dan kebanggaan bagi kami. Alhamdulillah hari ini kami akan mewisuda 15 santriwan dan santriwati kami,” ujarnya.

Pada saat yang sama G Dt. Rang Kayo Tuo pembina tahfizh juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, pemerintah nagari, perantau dan pihak lainnya atas dukungannya untuk melaksanakan kegiatan wisuda hafizh sekaligus peresmian RT Daarul Ilmi Surau Inyiak Tuo.

“Alhamdulillah dengan 6 orang tenaga pengajar, saat ini RT Daarul Ilmi Surau Inyiak Tuo sudah memiliki 80 orang santriwan dan santriwati,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Nagari Aie Angek Anwar mengatakan Pemerintah Nagari sangat mendukung berbagai Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar termasuk dalam program keagamaan.

“Saat ini terdapat 4 RT di Nagari Aie Angek dengan jumlah santri lebih dari 400 orang. Tentunya hal ini sejalan dan mendukung Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten,” ujarnya.

Syafril, tokoh masyarakat setempat yang juga anggota DPRD, mengaku mendukung penuh pelaksanaan Program Unggulan yang digagas Pemerintah Daerah.

Program Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah bukti kecintaan pak Bupati terhadap Al Qur’an dan generasi muda. Kita siap mendukung dan menyukseskannya bersama-sama,” katanya.

Selepas itu Bupati disaksikan para undangan menandatangani prasasti peresmian dan pembukaan selubung papan nama Rumah Tahfizh Daarul Ilmi Surau Inyiak Tuo Nagari Aie Angek. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *