Tanah Datar

Bansos Diserahkan, Bupati Eka Putra Harap Dimanfaatkan Untuk Hal Prioritas

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Pemerintah Daerah terus berupaya mengurangi kemiskinan dengan meluncurkan program bantuan guna mensejahterakan masyarakat.

Salah satunya adalah program bantuan sosial bagi keluarga yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau Program Keluarga Harapan (PKH) yang diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat secara prioritas sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk mendukung program tersebut, Pemerintah Daerah Tanah Datar juga telah mencanangkan program bantuan permodalan bagi masyarakat yang disebut Maksimalkan Berantas Rentenir Agar Hilang (Makan Rendang) di Tanah Datar.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat menghadiri pertemuan dengan masyarakat penerima manfaat PKH dalam rangka acara pembinaan kepada KPM PKH Nagari Sawah Tangah Kecamatan Pariangan di Masjid Ridha Sawah Tangah, Rabu (14/6/2023).

“Manfaatkan bantuan yang ditawarkan dan jangan gunakan bantuan ini untuk hal-hal yang tidak penting. Jika ada yang berjualan namun membutuhkan modal tambahan, manfaatkan program Makan Rendang dengan pinjaman hingga Ro10 juta dengan jangka waktu angsuran selama 2 tahun. Pinjaman itu tanpa bunga dan tanpa agunan sehingga masyarakat tidak meminjam uang ke rentenir,” kata Bupati Eka Putra.

Bupati menambahkan, selain program Makan Rendang di bidang pertanian, Pemda Tanah Datar juga mencanangkan program Bajak Sawah Gratis, Asuransi Padi, Asuransi Sapi dan perbaikan jaringan irigasi.

“Tujuan utama program ini adalah untuk menekan biaya produksi para petani kita sehingga hasilnya maksimal. Jika demikian, masyarakat harus sejahtera,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menghimbau masyarakat penerima PKH untuk memanfaatkan Progul tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Tanah Datar Afrizon mengatakan jumlah penerima manfaat PKH yang mendapat bantuan sebanyak 108 orang di Nagari Sawah Tangah dan 77 orang di Nagari Pariangan.

Afrizon menyatakan bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses pendidikan, layanan kesehatan dan kesejahteraan sosial, mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan, serta mengubah perilaku mandiri keluarga penerima manfaat untuk mengurangi kemiskinan, kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial Afrizon bersama jajarannya dan Camat Pariangan Mulkhairi, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Wali Nagari Sawah Tangah dan petugas pendamping KPM PKH. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *