Riau

Permudah Layanan Serta Meningkatkan PAD, Samsat Drive Thru Gajah Mada Diresmikan

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Samsat kota Pekanbaru melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat, yakni telah tersedianya layanan drive thru.

Untuk diketahui, samsat drive thru gajah mada merupakan tempat layanan pembayaran pajak tahunan, namun memiliki kemudahan bagi Wajib Pajak (WP) tidak perlu turun dari kendaraannya.

Peresmian samsat drive thru gajah mada pada Rabu, 09 Agustus 2023 dilakukan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Drs. Syamsuar M.Si yang didampingi Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK, MH, Kepala Bapenda Provinsi Riau Syahrial Abdi, Dirlantas Polda Riau Kombes Pol  Dwi Nur Setiawan SIK, MH serta dihadiri beberapa tamu undangan lainnya.

Gubri Syamsuar mengatakan keberadaan samsat drive thru dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membayar pajak kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Maka tentunya dengan adanya samsat drive thru ini, masyarakat bisa memiliki kesadaran membayar pajak dengan tepat waktu, cepat, dan praktis,” ujar Gubri.

Bentuk kemudahan tersebut menurut Gubri masyarakat tidak lagi melakukan pembayaran cash, tetapi memakai sistem pembayaran QRis atau non tunai.

“Sistem pembayaran ini akan menjadi semangat bagi kita untuk melayani masyarakat dan meningkatkan PAD,” jelas Gubri seraya menyebutkan inovasi ini akan diberlakukan juga di 12 kabupaten/kota kedepannya.

Ditempat yang sama, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal sangat bangga dengan layanan yang serba mudah di samsat drive thru tersebut.

Karena menurut Kapolda, pada prinsipnya Polri akan selalu siap membantu melindungi, melayani, dan mengayomi masyarakat.

“Kita sebagai aparat negara telah berkomitmen untuk selalu mendekatkan diri kepada masyarakat, apalagi dengan masyarakat yang taat membayar pajak,” singkat Kapolda Riau.

Sementara itu, Kepala Bapenda Syahrial Abdi menyebutkan kemajuan teknologi saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat, karena dengan penggunaan teknologi tersebut layanan akan menjadi lebih mudah diperoleh tanpa adanya permasalahan.

“Inovasi baru yang kita ini merupakan salah satu pemenuhan tuntutan masyarakat yang meminta bertransaksi secara digital, karena hal tersebut bisa mencegah dan menghilangkan praktek-praktek calo yang membiarkan terjadinya pungutan liar. Dan yang lebih ekstrimnya lagi tindakan penggelapan dalam pembayaran pajak,” sebut Syahrial Abdi.

Menurutnya, yang sangat dirasakan oleh masyarakat langsung adanya pelayanan drive thru ini lebih mudah pembayaran pajak tanpa keluar dari kendaraannya.

“Prosesnya cepat hanya 3 menit tanpa harus antri,” singkatnya.

Syahrial Abdi menjelaskan untuk samsat drive thru gajah mada merupakan inovasi yang kelima, sebelumnya konsep pelayanan ini pertama sekali diterapkan di samsat simpang tiga, kedua samsat Rokan Hilir, ketiga samsat Pelalawan, dan keempat samsat Tembilahan.

“Dan apabila antusias permintaan masyarakat tinggi akan kita buka lagi drive thru di kota Pekanbaru, tempat lokasinya di Panam atau bisa  juga didaerah Kulim. Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya.

Selain layanan drive thru, dalam membayar kewajiban pajak masyarakat juga memiliki beberapa pilihan, diantaranya program samsat transaksi antar jemput antar kampung (tanjak), samsat keliling, dan payment point.

“Jadi artinya masyarakat punya pilihan banyak, tidak harus bayar di UPT maupun ke kantor samsat. Dan ada juga aplikasi signal yaitu samsat digital nasional yang bisa di download dari handphone,” tutup Syahrial Abdi seraya menambahkan untuk layanan drive thru masih mengikuti jam kerja. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *