50 Kota

Sudah Lebih 1,5 Tahun Dibiarkan, Jalan ke Situjuah Ladang Laweh Terancam Putus

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Ruas satu-satunya akses ke Nagari Situjuah Ladang Laweh, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, terancam putus dan berdampak terisolirnya nagari tersebut nanti.

Ini dikarenakan separuh badan jalan yang runtuh akibat curah hujan cukup tinggi 1,5 tahun lalu hingga saat ini masih belum dijamah untuk diperbaiki oleh Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas PUPR. Lokasi jalan yang runtuh tersebut di Pangoram, Jorong Bawah, Nagari Situjuah Ladang Laweh.

Wartawan PilarbangsaNews seusai mengambil foto jalan tersebut, Selasa (8/8/2023) bertemu dengan salah seorang pemuka masyarakat setempat, Yusral Dt. Tunaro nan Bagunjo Perak.

Dikatakannya, bahwa memang sudah cukup lama ruas jalan ini ambruk akibat saat itu hujan deras. “Pemerintahan Nagari sudah lama melaporkan kejadian ini ke Pemkab Limapuluh Kota melalui dinas terkait,” ujarnya.

Tapi hingga saat ini, meski dari pihak PUPR Limapuluh Kota sudah datang dan melihat kondisi reruntuhan badan jalan tersebut, namun belum tampak aksi perbaikannya, sebut Dt. Tunaro nan Bagunjo Perak.

“Kami di nagari ini merasa cemas kalau musim hujan datang, atau kala curah hujan tinggi maka bukan tidak mungkin runtuhnya kian melebar dan jalan akan putus,” tukasnya.

“Tentu kami tak menginginkan nagari kami terisolir mantinya, sebab jalur alternatif ke Ladang Laweh tidak ada,” tambahnya.

Untuk itu, dirinya bersama masyarakat berharap kepada Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas PUPR agar segera memperbaiki jalan yang rusak dan runtuh ini. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *