Agam

Tim Dosen Fakultas Ekonomi dan Binis UNP Latih Enterpreneurs di Kecamatan Tanjung Raya

Agam, PilarbangsaNews

Tim Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul “PKM Pengembangan New Era Enterpreneurs Make Up Artist (MUA) bagi Pemudi Aisyiyah di Kecamatan Tanjung Raya”.

Dalam kegiatan pengabdian ini, Tim dosen Departemen Pendidikan Ekonomi FEB UNP memberikan beberapa pelatihan dan pendampingan, yaitu pelatihan serta pendampingan Make Up Artist (MUA) bagi organisasi Pemudi Nasyiatul Aisyiyah, pelatihan serta pendampingan fotografi bagi organisasi pemudi Nasyiatul Aisyiyah dan pelatihan serta pendampingan pembuatan media promosi untuk jasa yang dihasilkan oleh organisasi Pemudi Nasyiatul Aisyiyah berbasis media sosial.

Pelatihan ini dilakukan dalam rangka memberikan keterampilan baru agar masyarakat tidak lagi sepenuhnya tergantung pada usaha karamba di Danau Maninjau.

Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam dimana wisatawan banyak yang mengenal Danau Maninjau karena melewati Kelok 44.

Danau Maninjau selain menjadi objek wisata yang indah, memiliki peran sangat penting bagi masyarakat, dimana Danau Maninjau menjadi salah satu penyokong perekonomian masyarakat disekitar Danau adalah usaha keramba ikan atau biasanya disebut dengan Keramba Jaring Apung (KJA).

Namun sayangnya keberadaan KJA sudah membawa masalah untuk lingkungan di sekitar danau. Oleh karena itu perlu adanya perhatian kerjasama untuk membuat kegiatan atau program pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar agar bisa secara bertahap mengurangi ketergantungan pada KJA, terutama pada kalangan generasi muda demi menciptakan para Young Entrepreneur.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2023 dan 1 September 2023 dengan pemateri dari dosen dan praktisi yang sudah ahli dalam bidangnya, yaitu Siti Hajar Thaitami, S.ST, M.Pd yang memberikan pelatihan mengenai tata rias penganten dan Fauzan Aulia, S.Ds., M.Sn dengan pelatihan fotography, dan ibu Rose Rahmidani, S.Pd, MM yang memberikan pelatihan tentang penggunaan marketplace dan media social dalam menjalankan usaha.

Pembukaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dihadiri pula oleh Wali Nagari Tanjung Sani, yang menyampaikan terimakasih dan harapan kegiatan pengabdian ini dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan dan dapat berlanjut dimasa yang akan datang, serta membantu perekonomian masyarakat di Nagari Tanjung Sani.

Dalam pelaksanaannya kegiatan pengabdian ini, Annur Fitri Hayati, S,Pd, M.Pd. selaku ketua kegiatan pengabdian menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemudi Aisyah pada bidang MUA, fotografi dan pentingnya mengadopsi teknologi digital dalam menjalankan usaha seperti melakukan pemasaran online.

Kegiatan pelatihan ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan usaha agar mampu bersaing dan tetap bertahan dalam kemajuan dan perkembangan zaman. Pemudi Aisyah diharapkan dapat melakukan promosi secara online melalui social media seperti Facebook dan Instagram.

Annur Fitri Hayati, S,Pd, M.Pd. juga menyampaikan setelah melaksanakan pelatihan kegiatan ini juga akan dilanjutkan dengan pendampingan kepada mitra agar kegiatan yang telah dilaksanakan bisa membawa dampak yang berarti bagi kesejahteraan mitra di masa yang akan datang. (tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *