Pessel

Bupati Rusma Yul Anwar Bertabur Penghargaan

Painan, PilarbangsaNews.com,–

Diakhir akhir masa jabatannya sebagai Bupati Pessel periode 2019-2024, Rusma Yul Anwar, bertabur penghargaan. Masih di bulan Oktober ini Bupati Pesisir Selatan menerima Dewi Sartika Awards” dari Yayasan Guru Belajar karena dia dinilai sangat
mendukung pergerakan guru di daerahnya dalam membentuk ekosistem merdeka belajar.

Kali ini Rusma Yul Anwar kembali menerima penghargaan sebagai Pembina Kampung Iklim dari Kemerterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Dia diberi penghargaan karena Pada tahun 2023 ini, Kebupaten Pesisir Selatan sukses meraih dua Penghargaan Proklim Utama dan enam Penghargaan Proklim Madya.

Penghargaan Proklim tersebut kembali diserahkan kepada masing-masing nagari pada momen Apel Gabungan ASN Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Senin, (30/10), di Halaman Kantor Bupati Pesisir Selatan. Turut hadir dalam Apel Gabungan tersebut, selain Bupati Rusma Yul Anwar juga Wabub Apt. Rudi Hariansyah, selaku Pembina Upacara, seluruh Kepala OPD dan para Wali Nagari yang menerima Penghargaan Proklim tersebut.

“Penghargaan Proklim ini kita serahkan kembali kepada masing-masing nagari sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi kita agar lebih peduli terhadap lingkungan,”ujar Amy Cenyl dari Prokopim Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

Penghargaan Proklin ini diberikan langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan dengan empat kategori, yakni Kategori Lestari, Kategori Utama, Kategori Madya dan Kategori Pratama.

Pada tahun 2023 Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh dua Penghargaan Proklin Utama yang terdiri dari atas Nagari Sungai Nyalo Lumpo Kecamatan IV Jurai, yang dinisiasi oleh Kelompok Tani Bukit Baeh Indah dan Kampung Sungai Sariak Nagari Sungai Sariak Lumpo Kecamatan IV Jurai yang diinisiasi oleh Kelompok Wanita Tani KBR Punago Indah. Penghargaan berupa Sertifikat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan dana stimulan dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Kemudian, enam Penghargaan Proklim Madya yang terdiri atas Nagari Koto Baru Koto Berapak Kecamatan Bayang yang diinisiasi oleh Kelompok Wanita Kapalo Koto Saiyo, Nagari Pasar Lama Muara Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti yang diinisiasi oleh Komunitas Sungai dan Pantai Nagari Pasar Lama Muara Air Haji, Kampung Lansano Koto VIII Palangai yang diinisiasi oleh Kelompok Wanita Tani Lansano Nagari Koto VIII Palangai, Nagari Kubang Koto Barapak Kecamatan Bayang yang diinisiasi oleh Kelompok Wanita Tani Batu Nago, Nagari Palangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir yang diinisiasi oleh Kelompok Tani Gunung Talau, Nagari Tuik IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas yang diinisiasi oleh Kelompok Belakang Rumah. Penghargaan berupa Piagam dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan dana stimulan dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Atas keberhasilan pembinaan dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam pembentukan Kampung Iklim tersebut, maka Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI juga memberikan penghargaan kepada Bupati Pesisir Selatan sebagai Pembina Kampung Iklim tingkat Kabupaten, yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tanggal 24 Oktober 2023 di Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta.

Selain Proklim, untuk tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mendapat bantuan 1000 unit rumah dari Kementerian PUPR melalui Dinas PerkimtanLH Kabupaten Pesisir Selatan. (Yendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *