Pessel

Tiga Orang Pegawai Pemda Pessel Sumbar Positif Tes Urinenya Mengandung Narkoba

PILARBANGSANEWS.COM.PAINAN,- Ratusan ASN (Aparatur Sipil Negara) dilingkungan  Pemda Kabupaten Pessel mendadak jalani tes urine di markas Komando Pol PP hari Selasa kemaren ((26/9). Tiga orang dinyatakan positif mengandung narkoba.

Kabid Kesbangpol Pemda Pesisir Selatan, Rinaldi Dasar S.Pd, kepada Pilarbangsanews.com, lewat pesan WhatsAppnya,  membenarkan bahwa pihaknya melakukan test urine terhadap pejabat dan staf ASN di lingkungan Pemda Pesisir Selatan dan menemukan 3  sampel urene yang positif narkoba. Namun Rinaldi tidak menyebutkan siapa nama dan dari staf ASN dinas apa di bertugas.

“Untuk menyebutkan nama mereka, sebaiknya tanya kepada bapak Bupati saja pak, sebab nama nama mereka sudah dikantongi oleh pak Bupati,” tambah Rinaldi yang juga ketua PWI Cabang Pessel ini.

Menurut, Rinaldi, tes urine bagi ASN dilingkungan Pemda Pesisir Selatan, sudah menjadi atensi Bupati Pessel  Hendrajoni,  sebagai bentuk pencegahan dan memastikan para abdi negara steril dan terbebas dari penyalahgunaan Narkoba. 
Kegiatan yang dilakukan kemaren,  melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat, melalui Kabid Pemberantasan AKBP. Emrizal Hanas, SH dan Kabid Rehabilitasi Drs. Suryadi Boy. Sasaran pemeriksaan serentak dilakukan pada 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan target sebanyak 1.045 ASN dilingkungan Pemkab Pessel.

 Sebelumnya target kita adalah sebanyak 1.045 orang ASN. Namun, baru 723 yang kita lakukan tes urine. Sebanyak 318 berhalangan hadir, dengan alasan sakit, dinas luar, lepas dinas, dan adapula yang mengaku sedang mengikuti pelatihan,” jelas Rinaldi diruangannya. Rabu, (27/9).

Masih menurut Rinaldi, Kabupaten Pesisir Selatan termasuk salah satu daerah yang rawan peredaran Narkoba. Dari itu, untuk mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Pemkab Pessel, pihaknya akan terus melakukan tes urine secara berkala dalam waktu yang tidak ditentukan atau mendadak. 

Diakuinya, tes urine yang digelar saat itu, belum menyentuh seluruh pegawai yang ada di lingkungan Pemkab Pessel. Sehingga diharapkan kepada seluruh pejabat dan ASN turut andil demi terciptanya pemerintahan yang Sejahtera, Unggul, Mandiri dan Agamais, serta terbebas dari bahaya Narkoba.

“Pada kegiatan sebelumnya, bahkan ada pula sejumlah ASN yang kabur sewaktu kita lakukan tes urine. Nah, kita berharap kedepannya hal ini tak terulang lagi. Tujuannya demi kebaikan kita bersama juga,” harapnya. (YY/h/mg-kis/ harian haluan.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *