Tanah Datar

Pagelaran Seni Tradisi Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Wakil Ketua IV Komisi DPRD Sumbar Bukhari Datuak Tuo, SE membuka pagelaran Seni Tradisi Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh yang berpusat di Jorong Ladang Laweh, Nagari Batipuah, Baruah Kecamatan Batipuh.

Pembukaan pagelaran Silat Taduang Bangkeh Batipuh berlangsung meriah dan semarak dan dihadiri ratusan warga Jorong Ladang Laweh dan murid perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh. Juga dihadiri Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Riswandi, Kepala UPTD Taman Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera diwakili Kasi Produksi dan Kreasi Seni Budaya Ade Efdira, SS., Kepala Bidang Perikanan Budidaya dan Perikanan Tangkap Maitretmi, Sekcam Batipuh Drs Baharudin, Wali Nagari Batipuah Baruah Mulyadi BJ, Kepala BPP Batipuh Aulia Sandi, Kepala Jorong se-Nagari Batipuah Baruah bersama ninik mamak, Bundo Kanduang dan Kelompok Tani terpadu Annur Jorong Ladang Laweh.

Pembukaan diawali dengan penampilam tari pasambahan siswa UPT SMPN 4 X Koto, Peragaan Silat dan tari Piring oleh anak anak perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh.

Sebelumnya Ketua Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh Mustafa Akmal Datuk Sidi Ali, SH.MH menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar melalui UPTD Taman Budaya yang telah melakukan kerjasama dengan Perguruan Silat taduang Bangkeh melalui Dana Pokir Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumbar H Bukhari Datuk Tuo, SE.

Bagi Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh kerjasama ini sekaligus menunjukkan kepercayaan dari Dinas Kebudayaan Sumbar sehingga pagelaran silat tradisi ini bisa dilaksanakan. “Sejak berdiri tahun 2012 sampai Oktober 2023 ini kami selalu mengikuti berbagai even tingkat Sumbar, nasional dan berapa kali diundang ke negara Malaysia dan puluhan medali sudah diraih oleh anak anak perguruan Silat Taduang Bangkeh dan juga melakukan kerjasama dengan UPT SMPN 4 X Koto dan SMPN 1 Batipuh dan berapa sekolah SD di Batipuh,” kata Mustafa Akmal.

Wali Nagari Batipuah Baruah Mulyadi BJ mengaku kehadiran perguruan Silat Taduang Bangkeh merupakan asset nagari Batipuh Baruah karena kegiatan juga telah ikut membina anak anak dalam kegiatan silat sebagai warisan budaya. “Prestasi anak silat ini juga membanggakan kami tidak saja di Nagari Batipuah Baruah tapi juga tingkat kabupaten dan Sumbar,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar diwakili Kasi Produksi dan Kreasi Seni Budaya Ade Efdira,SS menyampaikan apresiasi dan bangga kepada Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh karena dalam waktu seminggu mampu melaksanakan pagelaran silat tradisi ini. Ada empat sanggar lagi yang jauh hari telah ditunjuk Dinas Kebudayaan melaksanakan pagelaran, baru akhir bulan akan melaksanakan.

“Keberhasilan ini menunjukkan pembinaan perguruan Silat Taduang Bangkeh dikelola secara profesional dan apalagi kami juga melihat begitu banyak aktivitas kegiatan yang dilakukan perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh baik tingkat Sumbar, nasional dan luar negeri,” kata Ade Efdira.

Bupati Tanah Datar diwakili Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Sumbar mengaku bangga dengan prestasi perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh.

“Saya sebelum pindah menjadi Kadis Pariwisata Pemuda Olahraga terus mengikuti aktivitas membina siswa SD dan SMP dan setiap kejuaraan yang diikuti selalu meraih medali dan apa yang dicapai itu terus ditingkatkan. Kita juga menyampaikan terima kasih dengan kepercayaan Dinas Kebudayaan Sumbar melalui UPTD Taman Budaya kepada perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh melalui dana pokir Wakil Komisi IV DPRD Sumbar H Bukhari Datuk Tuo, SE. Tentu dengan harapan untuk tahun berikut kerjasama ini terus ditingkatkan,” kata Kadis.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi IV DPRD sumbar H Bukhari Datuk Tuo SE juga menyampaikan aspresiasinya kepada Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh yang sejak didirikan sampai sekarang masih tetap eksistensi dan mampu meraih berbagai prestasi yang cukup membanggakan di Kecamatan Batipuh dan prestasi itu sampai ketingkat nasional.

“Semua itu tidak datang begitu saja tapi butuh perjuangan dan semangat dari semua pengurusnya dan pelatihnyq sehingga mampu mendidik anak meraih prestasi

Sebagai anak nagari Kecamatan Batipuh melalui dana pokir saya didinas kebudayaan sumbar kita melaksanakan pagelaran silat tradisi di Perguruan Silat taduang bangkeh dari 4 sanggar Di Tanah Datar masing masing nagari sungayang, batipuh Selatan dan Bungo Tanjung

Insyaallah kedepan kita juga akan.menganggarkan pada tahun 2024 ujarnya lagi.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *