Pendidikan

Peserta dari Berbagai Provinsi, Tax Competition Unidha Sukses

Padang, PilarbangsaNews

Pekan Vokasi Akuntansi ke-3 tahun 2024 mencapai puncaknya dengan acara Tax Competition yang digelar secara daring, sebuah kompetisi pajak yang tidak hanya membangun kemampuan akademis mahasiswa, tetapi juga mendorong pemahaman mendalam mengenai sistem perpajakan sebagai elemen kunci pembangunan bangsa dan negara, Selasa (16/1/2024).

Rektor Unidha Prof Dr. Novesar Jamarun, MS. membuka acara Tax Competition yang dihadiri oleh Kepala Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi.

Rektor Novesar Jamarun menyampaikan Tax Competition merupakan wujud konkret dari kerja sama antarperguruan tinggi dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap perpajakan sebagai fondasi utama pembangunan negara. Acara ini tidak hanya sekadar kompetisi, tetapi juga bentuk kolaborasi yang memperkuat sinergi di antara lembaga-lembaga pendidikan tinggi.

Kepala Kanwil DJP Sumbar dan Jambi Ir. Etty Rachmiyanthi, M.Sc. memberikan pandangan berharga mengenai tantangan dan urgensi pajak dalam konteks regional.

“Partisipasi aktif peserta dari berbagai daerah mencerminkan semangat tinggi mereka dalam memahami konsep perpajakan, serta menunjukkan keseriusan untuk menerapkannya demi kemajuan bangsa. Keberagaman peserta menciptakan lingkungan belajar yang kaya akan pengalaman, memperkaya wawasan mahasiswa terkait praktik perpajakan di berbagai wilayah. Saya berharap kompetisi ini bukan hanya menjadi ajang persaingan, melainkan juga menjadi fondasi pembelajaran yang berkesan bagi semua peserta,” kata Etty Rachmiyanthi.

Sebagai tuan rumah, Unidha diwakili Yunita Valentina Kusufiah, SE, M.Si. Acara juga dihadiri juga oleh Kaprodi D3 Akuntansi, Nino Sri Purnama Yanti, SE, M.Si, Ak, CA, yang memberikan dukungan penuh atas keberlangsungan acara ini.

Tax Competition ini berhasil melibatkan mahasiswa di Kota Padang dan memikat perhatian 134 peserta dari berbagai kampus di Indonesia, mulai dari Akademi Akuntansi Indonesia Padang, PKN STAN, Politeknik Harapan Bersama, Politeknik Negeri Madiun, Politeknik Negeri Padang, Politeknik NSC Surabaya, Politeknik Tonggak Equator, Primakara University, Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia, STIE MBI, STIE Tri Bhakti, STIE YKPN, UIN Imam Bonjol Padang, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Dharma Andalas, Universitas HKBP Nommensen, Universitas Kristen Petra, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Universitas Sam Ratulangi, sampai Universitas Trisakti.

Kepala Humas Unidha Irsyad Shabri, S. Hum., M. Hum., C.TM menyatakan Pekan Vokasi Akuntansi ke-3 tahun 2024 ini menjadi contoh nyata bagaimana kolaborasi lintas perguruan tinggi dapat membangun pemahaman mendalam mengenai isu-isu perpajakan di Indonesia.

Kesuksesan acara ini diharapkan menjadi inspirasi bagi universitas-universitas lain dalam menyelenggarakan kegiatan serupa demi kemajuan pendidikan dan pemahaman perpajakan di tanah air.

“Semangat tinggi peserta dari berbagai daerah, yang kedepannya dapat menjadi dorongan untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep perpajakan. Selain itu, harapan Unidha kedepan berkompetisi sebagai landasan pembelajaran yang berkesan menegaskan komitmen untuk memberikan pengalaman belajar yang substansial bagi semua peserta, sesuai dengan tujuan pembangunan intelektual dan profesional mahasiswa secara global,” katanya. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *