Agama

Wirid Mingguan di Dinas PMD Sumbar, Temanya Sholat Mewarnai Kehidupan

Padang, PilarbangsaNews

Ibadah yang mewarnai kehidupan manusia, umat Islam, adalah sholat. Dengan sholat akan menghindarkan manusia dari perbuatan mungkar dan menyelamatkan dirinya pada hari kiamat nanti.

Demikian sari tausyiah Ustadz Dr. H. Muhammad Ridho Nur, Lc., MA dalam Wirid Mingguan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, di Jalan Pramuka Kota Padang, Jum’at (15/3/2024) pagi.

Sebagaimana dikatakan Allah SWT dalam surat Lukman ayat 17, bahwa “Hai anakku, dirikanlah sholat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah mereka dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan oleh Allah SWT”.

Tidak hanya itu, Allah SWT menjanjikan perlindungan di hari kiamat kepada orang-orang yang mengerjakan sholat. Seperti disebutkan dalam Hadist Nabi Muhammad SAW: “Sungguh amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Jika sholatnya baik, maka beruntung dan selamatlah dia. Namun jika rusak, maka merugi dan celakalah dia”.

ASN Dinas PMD Sumbar mengikuti Wirid Mingguan

Menurut Ustadz Muhammad Ridho Nur, dengan sholat akan menyebabkan tiga kebersihan pada manusia yang mengerjakannya. Pertama kebersihan fisik dari hadast dan najis. Kedua, kebersihan tempat sholat, apakah di masjid, mushala atau di rumah. Ketiga, kebersihan jiwa, karena hati menjadi tenang dan lapang karena berserah diri kepada Allah SWT.

“Dalam Alquran, ada empat levelisasi sholat yang disebutkan Allah SWT, yaitu hafizhun yang selalu memelihara sholat, khasyi’un yaitu orang yang sholat dengan khusyuk, daaimun yaitu yang setia dengan sholat dan sahuun yaitu orang-orang yang melalaikan sholatnya,” kata Ustadz Dr Muhammad Ridho Nur, Lc.,MA.

Kadis PMD Sumbar H. Amasrul, SH dalam kesempatan Wirid Mingguan ini memesankan kepada seluruh ASN Dinas PMD untuk melaksanakan tausyiah Ustadz Muhammad Ridho Nur dalam kehidupan sehari-hari, yaitu menjaga sholat di setiap awal waktu.

“Di kantor kita Dinas PMD ada mushalla yang setiap waktu sholat selalu mengumandangkan azan. Karenanya tidak ada alasan untuk melalaikan sholat karena lupa atau telat waktu, karena sudah ada yang mengingatkan,” kata H. Amasrul, SH.

Wirid Mingguan di Dinas PMD Sumbar pada minggu pertama Ramadhan 1445 H ini diikuti oleh seluruh ASN, termasuk Sekdis Amriman, S.Pd.MM., Kabid, Kasubag dan seluruh Fungsional Pemberdayaan Masyarakat. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *