Pendidikan

537 Pelajar MAN 2 Kota Padang Ikuti Asesmen Madrasah 2024

Padang, PilarbangsaNews

MAN 2 Kota Padang mulai menggelar Asesmen Madrasah (AM) tahun pelajaran 2023/2024. AM diselenggarakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa sesuai standar kompetensi lulusan yang sudah ditetapkan.

Asesmen Madrasah itu sendiri diikuti 537 siswa kelas XII yang berasal dari berbagai jurusan, yaitu IPK, IPA dan IPS. AM dijadwalkan akan berlangsung 18 hingga 27 Maret 2024.

Kepala MAN 2 Padang, Akhri Meinhardi menyampaikan bahwa pelaksanaan AM tidak jauh berbeda dengan ujian sebelumnya. Ia menyebut bahwa AM sebagai pengganti Ujian Akhir Madrasah (UAM) dan Ujian Nasional (UN).

“Pada dasarnya hampir sama antara AM dengan UAM dan UN. Perbedaannya hanya terletak pada pembuatan soal. Pada AM soal sepenuhnya dibuat oleh guru dengan berpedoman kepada kisi-kisi soal secara nasional,” katanya.

Kepala madrasah meminta para peserta AM untuk fokus menghadapi ujian. Menurut Akhri Meinhardi, AM tidak akan menyulitkan siswa jika mereka sudah mempersiapkan diri dengan baik dan mematuhi ketentuan yang berlaku selama ujian.

“Jangan sampai hal-hal kecil seperti tidak membawa tanda pengenal, tidak pakai lambang baju dan lainnya yang bisa menyebabkan ujian tertunda sehingga efeknya tidak fokus ujian,” bebernya.

Akhri Meinhardi menekankan, bahwa hasil AM yang jujur akan sangat bergantung sekali kepada pengawas ruang. Ia meminta pengawas memasang mata agar bentuk penyimpangan tidak terjadi selama asesmen.

“Tolong abaikan hal hal yang menganggu konsentrasi dalam kepengawasan, seperti main handphone dan lain sebagainya. Fokuslah mengawas karena kita sudah diberi amanah,” ucapnya. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *