Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Diskusi dengan Ombudsman RI untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Tanah Datar, PilarbangsaNews

ASN merupakan pelayan masyarakat yang melayani masyarakat dengan maksimal sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Demikian dikatakan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat berdiskusi dengan Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Barat di Gedung Indojolito Batusangkar, Kamis (28/3/2024).

Dikatakannya, banyak program yang bertujuan memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan dari Pemerintah Daerah, seperti pengurusan administrasi kependudukan, keperluan perizinan, layanan kesehatan, layanan pendidikan dan lain-lain.

Tahun 2023, imbuh Bupati Eka, Ombudsman RI Perwakilan Sumbar juga telah memberikan nilai 92,44 atas kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik Pemkab Tanah Datar. Nilai tersebut membuat Kabupaten Tanah Datar berada di zona hijau dan menjadi peringkat empat tertinggi kabupaten/kota se Sumatera Barat tahun 2023.

Dengan audiensi antara Pemkab Tanah Datar bersama Ombudsman, ucap Eka, tentu banyak yang disinergikan dan bahan pelajaran bagi Tanah Datar, sehingga pelayanan publik di Luhak Nan Tuo semakin baik ke depan.

Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumbar Yefri Heriani menyebutkan, kedatangan jajarannya ke Tanah Datar untuk sharing dan berbagi berbagai hal guna peningkatan pelayan publik.

“Kita telah menjalin MoU dengan Pemkab Tanah Datar dan kita menginginkan kesepakatan yang nyata, maka kami selalu berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memberikan masukan dalam peningkatan pelayanan publik,” katanya.

Kata Yefri Heriani, Ombudsman bertujuan mendorong Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pelayanan publik dan menghindari maladministrasi yang dapat merugikan pelayanan. Ada lima sektor bidang pelayanan yang terbaik, yaitu bidang sosial, pendidikan, kesehatan, perizinan dan data kependudukan.

Pertemuan ini dihadiri Asisten Administrasi Umum Jasrinaldi, Kadis Sosial Afrizon, Kadis Dukcapil Armen Yudi, Kadis Koperasi UKM Hendra Setyawan, Kadis Perhubungan Yusnen, Kabag dan Kepala Puskesmas. Setelah pertemuan dilanjutkan dengan peninjauan pelayanan publik di Pasar Batusangkar. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *