Idul Fitri 1445 H

Wirid Pasca Ramadhan di Dinas PMD, Temanya Kembali Fitri di Bulan Syawal

Padang, PilarbangsaNews

Wirid Mingguan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar pasca lebaran Idul Fitri 1445 H ini mengangkat tema tausyiah “Kembali ke Fitrah di Bulan Syawal” dengan Ustadz Drs. H. Syafwan Diran di Aula PMD Jalan Pramuka Padang, Jum’at (19/4/2024) pagi.

Hadir dalam Wirid Mingguan ini Kadis PMD Sumbar H. Amasrul, SH., Sekretaris Dinas Amriman, S.Pd.,MM., seluruh Kabid, Kasubag Umkep, Fungsional Pemberdayaan dan seluruh ASN Dinas PMD Sumbar.

Menurut Syafwan Diran, selepas Idul Fitri ini dahulukan mengganti puasa wajib seperti orang sakit, ibu menyusui atau hamil. Setelah mengganti puasa wajib, baru melaksanakan puasa sunat.

“Gantilah terlebih dahulu puasa wajib, baru mengerjakan puasa sunah. Bagi yang tidak bisa puasa pada bulan Ramadhan seperti ibu hamil dan menyusui, lebih baik untuk segera membayar fidyah,” kata Ustadz Syafwan Diran.

Dalam kesempatan Wirid Mingguan ini, Ustadz Syafwan Diran mengingatkan momentum bermaafan dalam suasana Idul Fitri 1445 H. “Ibadah yang menggugurkan dosa yaitu hubungan baik kita dengan manusia, terutama dengan orang tua. Maka selalulah bermaaf-maafan secara ikhlas,” kata Syafwan Diran.

Selepas bulan Ramadhan dan merayakan kemenangan Idul Fitri di bulan Syawal, maka manusia kembali suci, kembali fitrah. Tanda-tanda orang yang kembali kepada fitrah adalah selalu membuka hati untuk menjadi orang yang pemaaf, membuka hati untuk menerima kebenaran sekalipun yang benar itu datangnya dari anak kecil.

Kata Ustadz Syafwan Diran, perketat pengawasan diri dari salah dan dosa. Perketat pengawasan diri dari perbuatan yang akan menjatuhkan harga diri. “Ciri lain adalah orang yang prihatin terhadap kemiskinan orang lain. Selain itu ciri manusia yang kembali ke fitrah adalah yang mempunyai prinsip hidup bahwa hidup berbatasan dengan mati,” kata Ustadz yang dikenal lugas dan kocak ini.

Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH dalam pesannya kepada seluruh jajaran dinas agar nilai-nilai baik yang diperoleh selama Ramadhan dapat diteruskan dalam kehidupan sehari-hari dalam bekerja.

“Sifat jujur, ikhlas, sederhana, saling memaafkan dan saling peduli adalah nilai-nilai baik yang harus diaplikasikan setelah Ramadhan dalam kehidupan kita,” kata Kadis PMD Amasrul, SH., yang mantan Sekda Kota Padang ini.

Wirid Mingguan Dinas PMD Sumbar diikuti 44 dari 49 ASN. Ada yang izin, sakit dan dinas luar. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *