Tanah Datar

Tinjau Lokasi Terdampak Banjir Bandang dan Longsor, Ini Pesan Bupati Eka Putra

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Mendapat informasi dan terus memantau atas terjadi musibah banjir bandang dan longsor di wilayah Tanah Datar, Bupati Eka Putra memutuskan kembali ke kampung halaman, Minggu (12/5/2024) setelah menunda agenda dinas yang akan dilaksanakan di luar daerah.

Setelah sampai, Bupati Eka Putra langsung mengunjungi dan meninjau langsung Jorong Panti Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan serta memotivasi langsung masyarakat yang terdampak banjir bandang dan longsor tersebut.

Bupati berharap masyarakat tetap menjaga ketertiban dan jangan percaya terhadap isu-isu atau informasi yang kurang bisa dipercaya kebenarannya.

“Pemerintah daerah akan terus berupaya untuk menyelesaikan dampak musibah ini dengan secepatnya, bersama pemerintah provinsi ataupun pusat kita akan terus mencari dan mengevakuasi masyarakat yang hilang,” sampainya.

Dikatakan Bupati, ia telah memerintahkan Sekda bersama instansi terkait untuk membentuk Posko Utama di Indojolito dan posko-posko lainnya di Kecamatan.

“Disamping Posko, dinas terkait lainnya juga sudah bekerja mengerahkan alat berat untuk membersihkan jalan dan jembatan dari material longsor sehingga transportasi bisa lancar kembali, dan dinas sosial juga menyalurkan logistik kepada masyarakat yang mengungsi,” kata Eka Putra.

Dikesempatan itu Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Nagari, relawan, jajaran Polri, jajaran TNI, jajaran dinas kesehatan, PMI, perhubungan dan instansi terkait lainnya yang telah bekerja siang dan malam turut membantu penyelesaian musibah tersebut.

“Selaku pimpinan daerah Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang bekerja tanpa kenal lelah, semoga dianggap amal ibadah dan dibalasi pahala oleh Allah SWT. Dan juga terima kasih pihak-pihak yang telah ikut berkontribusi memberikan bantuan berupa logistik dan sebagainya untuk masyarakat kami,” tukasnya.

Selanjutnya dengan berbonceng sepeda motor Bupati Eka Putra meninjau lokasi banjir bandang di Nagari Parambahan dan Posko Pengungsian di Nagari tersebut yang turut didampingi Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, anggota DPRD Provinsi Sumbar terpilih Zuldafri Darma, Kadis KUKMP Hendra Setiawan, Kaban Kesbangpol Herison, Camat Lima Kaum Ikrar Pahlepi, Wali Nagari dan tokoh masyarakat setempat.

Kemudian Bupati juga meninjau kondisi jalan dan jembatan serta proses pembersihan jalan di Simpang Manunggal Lima Kaum. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *