Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Lepas Tim Ekspedisi Aliran Sungai Sigarunggung

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Bupati Tanah Datar Eka Putra,SE, MM pimpinan upacara pelepasan tim ekspedisi Sungai Sigarunggung Gunung Marapi, Sabtu (1/6/2024) di halaman depan gedung Indojolito Batusangkar.

Pada kesempatan itu juga hadir Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi, Kabag Ops Polres Tanah Datar dan juga Pasi Ops Yon Marinir Padang.

Dalam arahannya, Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa ekspedisi ini merupakan tugas kemanusiaan dalam rangka menelusuri aliran sungai Batang Sigarunggung, karena berdasarkan penglihatan melalui drone dan berdasarkan laporan tim advan ditemukan banyak material yang menghambat aliran sungai tersebut.

“Berdasarkan hasil video drone dan laporan tim advan kemarin kita lihat dan dengar ada banyak material yang menghambat aliran sungai ini dan berpotensi menjadi genangan air yang bisa mengakibatkan galodo susulan. Untuk itu, tugas tim ini ada tiga yaitu mencari titik untuk pembangunan sabo dam, mencari titik untuk pemasangan Early Warning System (EWS) dan melakukan pembersihan material yang menghambat aliran sungai,” ujarnya.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tim gabungan TNI, Polri, BPBD, relawan Nagari, ORARI, RAPI dan relawan lainnya.

“Saya mewakili masyarakat Tanah Datar mengucapkan terima kasih kepada semua tim. Pesan Saya, utamakan keselamatan, saling berkomunikasi dan saling menjaga, jangan ada yang meninggalkan rekan timnya. Ingat, medan yang akan kita tempuh cukup berat dan berdasarkan informasi juga ada binatang buas disana,” pesannya.

Diakhir arahannya, Bupati Eka Putra kembali mengingatkan agar seluruh tim untuk selalu berhati-hati. “Pesan Saya, selalu berhati-hati dan jangan pernah lelah untuk tugas kemanusiaan. InsyaAllah ini akan menjadi amal ibadah buat kita semua,” tukasnya. (Putra).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *